JAKARTA, CEKLISSATUIndocement dan PT Dian Abadi Perkasa, salah satu entitas anak yang seluruh sahamnya dimiliki oleh Indocement, telah menyelesaikan pengambilalihan seluruh saham Semen Grobogan

Penandatanganan Sale and Purchase Deeds (Akta-Akta Jual Beli Saham) sehubungan dengan pengambilalihan sejumlah 345.860 lembar saham, atau 100 persen kepemilikan saham di PT Semen Grobogan dilakukan pada 30 November 2023 di Jakarta.

Semen Grobogan merupakan pabrik semen yang berlokasi di Desa Sugihmanik, Kecamatan Tanggungharjo, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

Baca Juga : Indocement Bank Sampah Awards 2023, Apresiasi Desa Mitra, Sembilan Finalis Masuk Grand Final

Memiliki kapasitas produksi sebesar 1,8 juta ton clinker dan 2,5 juta ton semen, serta persediaan bahan baku lebih dari 50 tahun ke depan. Semen Grobogan sendiri telah memulai produksi komersial pada Januari 2022.

9 Ft Indocement 2.webp
MENANGKAN PERSAINGAN: Indocement dan PT Dian Abadi Perkasa, salah satu entitas anak yang seluruh sahamnya dimiliki oleh Indocement, telah menyelesaikan pengambilalihan seluruh saham Semen Grobogan. FOTO: ISTIMEWA

Direktur Utama Indocement, Christian Kartawijaya menyatakan bahwa transaksi ini didanai sepenuhnya oleh kas internal perusahaan. 

“Saya mengucapkan terima kasih atas kerja sama dan bantuan dari seluruh pihak sehingga transaksi ini berjalan dengan lancer. Akuisisi ini merupakan langkah penting dalam rencana memperkuat footprint lokasi pabrik, dan terminal semen. Sehingga Indocement mampu meningkatkan efisiensi biaya logistik dan distribusi semen serta mempertahankan pangsa pasarnya khususnya di Jawa Tengah,” ungkap Christian Kartawijaya. 

Akuisisi ini merupakah langkah lanjutan yang penting untuk memperkuat posisi Indocement di Jawa Tengah, setelah kami mengambil alih operasional Pabrik Semen Bosowa di Maros, Sulawesi Selatan dengan metode sewa-menyewa untuk memperkuat suplai pasar di Indonesia bagian timur,” tambah Christian Kartawijaya. 

“Dan juga unit penggilingan semen di Banyuwangi untuk memperkuat pasar di Jawa Timur dan Bali. Sehingga dapat memberikan gambaran dari roadmap jangka panjang Indocement, untuk menjadikan pendistribusian Semen Tiga Roda yang lebih kokoh dan terpercaya bagi para pelanggan kami di seluruh Indonesia,” terang Christian Kartawijaya.

9 Ft Indocement 3.webp
MENANGKAN PERSAINGAN: Indocement dan PT Dian Abadi Perkasa, salah satu entitas anak yang seluruh sahamnya dimiliki oleh Indocement, telah menyelesaikan pengambilalihan seluruh saham Semen Grobogan. FOTO: ISTIMEWA

Anugerah PROPER, Upaya Lain untuk Memenangkan Persaingan

Beragam upaya dilakukan Indocement untuk memenangkan persaingan bisnis, salah satunya adalah dengan mengupayakan ketiga kompleks pabrik Indocement yaitu Kompleks Pabrik Citeureup, Kompleks Pabrik Cirebon, dan Kompleks Pabrik Tarjun mendapat anugerah PROPER Emas. 

Pada tahun 2023 ini, tiga kompleks pabrik Indocement menjadi kandidat PROPER Emas.

Proses penilaian PROPER Emas dimulai dengan pengumuman 168 perusahaan kandidat PROPER Emas pada 2 November 2023, kemudian dilanjutkan dengan presentasi dari tiga general manager Indocement mengenai presentasi teknis Eco Inovation dalam bidang efisiensi energi, penurunan beban pencemaran air, 3R limbah B3, 3R limbah non-B3 dan perlindungan keanekaragaman hayati. 

Selain itu, Inovasi Sosial yang menjadi program unggulan dari masing-masing Unit Operasi juga disampaikan beserta dengan nilai social return on investment (SROI). 

Penilaian kemudian dilanjutkan dengan Presentasi Green Leadership PROPER Emas 2023 oleh Direktur Utama Indocement Christian Kartawijaya pada 12 Desember 2023.

Pada kesempatan ini Christian Kartawijaya menyampaikan langsung presentasinya dihadapan dewan juri PROPER dan Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lahan (PPKL) KLHK, Sigit Reliantoro. 

Pengumuman pemenang Anugerah PROPER Emas 2023 akan dilaksanakan pada akhir Desember 2023.

PROPER salah satu program milik Kementerial Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), program ini merupakan salah satu bentuk kebijakan pemerintah untuk meningkatkan kinerja pengelolaan lingkungan perusahaan sesuai dengan yang telah ditetapkan dalam peraturan perundangan-undangan. 

Selanjutnya PROPER juga merupakan perwujudan transparansi dan demokratisasi dalam pengelolaan lingkungan di Indonesia. 

Penerapan instrumen ini merupakan upaya KLHK untuk menerapkan sebagian dari prinsip-prinsip good governance (transparansi, berkeadilan, akuntabel, dan pelibatan masyarakat) dalam pengelolaan lingkungan.