JAKARTA, CEKLISSATU – Salah satu perusahaan asal Abu Dhabi, Masdar menyatakan berminat untuk berinvestasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

Masdar menyatakan berminat untuk investasi energi terbarukan usai melakukan kunjungan di IKN.

“Alhamdulillah kami mendapatkan satu LoI (letter of intent) dari Masdar salah satu perusahaan yang bergerak di bidang renewable energy,” ujar Direktur Pendanaan Otorita IKN, Insyafiah seperti dalam keterangannya yang dikutip pada Kamis 15 Juni 2023.

Baca Juga : Bule Jadi Pengawas IKN, Jokowi: Daripada Nanti Hasilnya Kayak SD Inpres?

Masdar adalah perusahaan yang fokus di pengembangan, investasi, dan proyek-proyek energi terbarukan.

Masdar mengembangkan teknologi-teknologi energi masa depan seperti energi surya, energi angin, energi air, dan energi limbah untuk menghasilkan energi bersih dan berkelanjutan.

Hal ini sesuai dengan visi IKN untuk mengembangkan kota berkelanjutan di dunia melalui pengelolaan sumber daya bersih, untuk mewujudkan target net zero emission di IKN pada tahun 2045.

Sementara itu Director of Development Masdar, Dony Suryama mengatakan, terkesan setelah melihat progres pembangunan yang cukup masif di IKN.

“Sebagai bentuk komitmen Masdar untuk mengembangkan energi bersih di Indonesia, Masdar berminat untuk berkontribusi dalam pengembangan energi bersih di IKN dalam skema bisnis yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak,” kata Dony.

“Masdar memiliki ambisi yang besar dalam pengembangan energi terbarukan. Pada tahun 2030 Masdar menargetkan untuk memiliki Portfolio 100 GW RE di Indonesia,” tutup Dony.