BOGOR, CEKISSATU - Dalam meningkatkan literasi masyarakat, Dwi Sulistianingsih selaku Ketua Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Bale Baca Cijayanti (BBC) bersama rekan-rekan dari TBM Ruang Riung Kreasi, TBM Sheka Baca, TBM Saung Baca Urang, TBM Wangun 2 dan TBM Sawiba menyiapkan buku-buku untuk dibaca oleh masyarakat sekitar. Melihat semangat ini, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Fakultas Ilmu Sosial, Ilmu Politik dan Ilmu Komputer (Fisipkom) Universitas Djuanda (UNIDA) menyiapkan pelatihan pendataan buku menurut standar perpustakaan sederhana di TBM BBC (12/8/2023).

Setelah mendata 1.300 buku yang ada di TBM BBC, Fitri Rahmawati bersama Muhammad Rafli Syahbani memiliki keinginan untuk pengurus TBM BBC dalam melanjutkan pendataan yang sesuai dengan standar perpustakaan sederhana, karena buku akan terus datang sehingga pengurus perlu memahami pendataan dengan baik. 

"Setelah kita selesai KKN, kita gak mau buku-buku yang datang jadi tidak terdata dan tidak bisa dibaca oleh adik-adik disini, makanya penting untuk kita memberi ruang buat temen-temen pengurus dalam belajar tentang cara pendataan buku yang sesuai," ungkap Rafli. 

Baca Juga : Cegah Diare pada Anak, Kemenkes Beri Imunisasi Rotavirus Gratis Seluruh Bayi di Indonesia


Kegiatan dimulai dengan pemaparan materi berupa isian format dari pendataan buku yang disampaikan oleh Ruhimat. Selanjutnya, Ruhimat selaku Kepala Perpustakaan di UNIDA memperkenalkan aplikasi bibliografi  sehingga buku yang keluar dan masuk ke TBM akan mudah diawasi dimana dan kapan saja. 


"Menjadi pengelola TBM mesti memahami dan memiliki pengetahuan akan kebutuhan masyarakat sekitarnya sehingga buku-buku yang ditampilkan di TBM benar-benar dibutuhkan masyarakat. TBM yang didirikannya diperlukan masyarakat," jelasnya.


Adam, salah satu pengurus TBM Ruang Riung Kreasi yang juga peserta kegiatan memanfaatkan kesempatan inj dengan bertanya kepada Ruhimat terkait jenis buku pada format pendataan buku. 


"Alhamdulillah senang karena dengan mengikuti kegiatan tersebut saya jadi lebih mengerti bagaimana cara mengelola buku dengan baik terutama tatacara pelabelan pada buku," ungkapnya.