YOGYAKARTA, CEKLISSATU -- Kecelakaan melibatkan dua rangkaian Kereta Api (KA) terjadi di Sentolo Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, pada Selasa (17/10/2023).

Kecelakaan tersebut diduga berawal dari saat KA Argo Semeru anjlok, kemudian diseruduk dari belakang oleh KA Argo Wilis.

Diketahui, kereta tersebut merupakan KA 17 Argo Semeru relasi Surabaya Gubeng-Gambir mengalami anjlok, dan KA 6 Argo Wilis relasi bandung-Surabaya Gubeng di KM 520+4 petak jalan antara Stasiun Sentolo-Stasiun Wates melaju di rel hingga terjadi benturan.

Baca Juga : KA Argo Semeru dan KA Argo Wilis Kecelakaan di Kulon Progo

Kecelakaan dua kereta tersebut terjadi pada pukul 13.30 WIB. Tampak rangkaian kereta terlihat miring hingga keluar rel gegara kecelakaan itu.

Akibat kejadian itu, para penumpang sempat panik berhamburan keluar dari gerbong dua rangkaian KA. Sampai saat ini belum ada laporan korban kecelakaan KA.

Sementara itu, PT Kereta Api Indonesia (Persero) membenarkan kecelakaan yang melibatkan 2 rangaian KA hingga menyebabkan terganggunya perjalanan kereta api di jalur selatan.

"Kedua jalur rel antara Wates - Sentolo untuk sementara tidak dapat dilalui akibat kecelakaan tersebut," ungkap EVP of Corporate Secretary KAI, Raden Agus Dwinanto Budiadji kepada wartawan seperti dikutip ceklissatu.com.

"KAI saat ini sedang berusaha melakukan upaya evakuasi kepada para penumpang di 2 KA yang mengalami musibah tersebut," terangnya.

Saat ini, KAI melakukan upaya evakuasi terhadap 2 rangkaian KA dan melakukan perbaikan jalur rel yang mengalami kerusakan dalam kecelakaan.

Ia meneybutkan, bagi perjalanan kereta yang akan melintas di wilayah Wates - Sentolo, dilakukan upaya rekayasa pola operasi berupa jalan memutar dan oper stapend.