JAKARTA, CEKLISSATU - Pekan Olahraga Bela Diri Nasional akan diselenggarakan pada tahun ini sebagaimana rencana Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat.

Di Kantor KONI Pusat, Ketum KONI Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman telah menunjuk Kota Bogor dan Kota Bekasi sebagai tuan rumah perdana. 

"Ini akan tercatat dalam sejarah bahwa Pekan Olahraga Bela Diri Nasional yang pertama diselenggarakan di Kota Bogor dan Kota Bekasi," ujar Marciano. 

"Saya berterima kasih kepada Kota Bogor dan Kota Bekasi yang telah bersedia menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Bela Diri Nasional," lanjutnya kepada Wakil Walikota Bogor Dedie A.Rachim didampingi Ketua KONI Kota Bogor Benninu Argoebie dan Kadispora Kota Bekasi Ahmad Zakarsih didampingi KONI Kota Bekasi di kantor KONI Pusat Jumat 11 Agustus 2023. 

Cabang olahraga yang dipertandingkan antara lain Anggar (Bekasi), Kempo (Bekasi), Ju-Jitsu (Bekasi), Karate (Bekasi), Gulat (Bogor), Kick Boxing (Bogor), Sambo (Bogor), Wushu (Bogor), Taekwondo (Bekasi). 

Ketum KONI Pusat jelaskan bahwa Pekan Olahraga Bela Diri Nasional adalah terobosan KONI Pusat untuk menambah multievent olahraga berkualitas di dalam negeri. 

"Awalnya, KONI Pusat ini hanya punya PON yang dilakukan setiap 4 tahun sekali. Kita merasa masih banyak hal yang bisa kita lakukan. Setelah mendapat masukan-masukan, oleh karena itu, kita akan membuat kompetisi tambahan, yang pertama Pekan Olahraga Bela Diri Nasional," jelas Marciano. 

"PON diselenggarakan provinsi tetapi Pekan Olahraga Bela Diri Nasional, itu dilakukan Kabupaten/kota," lanjut Marciano sambil menyinggung kemungkinan pada program terobosan lainnya seperti Pekan Olahraga Indoor Nasional, Pekan Olahraga Pantai Nasional dan lainnya.