BOGOR, CEKLISSATU - Pembangunan jembatan bailey, sebagai penopang sementara pasca Jembatan Cikereteg diterjang longsor ditargetkan selesai dalam dua pekan.


"Ini (jembatan bailey) adalah jangka pendeknya. Mulai hari ini kita bangun, mudah-mudahan dua minggu selesai," ujar Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan usai meninjau lokasi longsor di Jembatan Cikereteg, Jalur Bogor-Sukabumi, Selasa 28 Februari 2023.


Sambil berjalan, kata Iwan, Jembatan Cikereteg secara permanen akan dibangun oleh Kementerian PUPR.

Baca Juga : Ridwan Kamil Klaim Angka Kejahatan di Jabar Rendah Dibanding Provinsi Lain


"Yang jangka panjangnya akan dibangun secara permanen, tadi saya dapet informasi ini bukan jalan, tapi akan dibangunnya jembatan dengan bentangan 40 meter (dua jalur) itu," papar dia. 


Iwan bersyukur, proses pengadaan barang dan jasa dalam pembangunan jembatan itu akan segera dilakukan oleh pemerintah pusat. 


"Karena di pusat ini memang kalau ada yang sifatnya urgent, kami kepala daerah memberikan dukungan dengan berbentuk surat dukungan bahwa betul ini kami meminta kepada pemerintah pusat untuk dipercepat dan alhamdulilah ada aturan sistem penunjukan langsung," ungkap Iwan. 


Sebelumnya, jembatan bailey disepakati untuk dibangun sebagai alternatif sementara pasca longsor terjadi di Jembatan Cikereteg, Jalur Bogor-Sukabumi, Senin 27 Februari 2023.


Kasubdit Keamanan dan Keselamatan Ditlantas Polda Jabar, AKBP Eti Hariati mengungkapkan, saat ini jalan kedua arah ditutup sementara. Sebab kondisinya sangat mengkhawatirkan.


"Saat ini ditutup dua arah, rekayasa (lalulintas) dilakukan sampai jembatan (permanen) jadi. Tapi nanti akan dibangun jembatan bailey," katanya saat meninjau lokasi, Selasa 28 Februari 2023.