JAKARTA, CEKLISSATU - Perubahan warna yang terjadi di Grand Canal Venesia mengagetkan warga dan aktivis lingkungan. Perubahan warna menjadi hijau neon penyebabnya adalah fluorescein.

Zat ini tidak beracun yang digunakan untuk menguji jaringan air limbah, demikian kesimpulan otoritas setempat.

Warga melihat bentangan Grand Canal Venesia berubah menjadi hijau terang pada hari Minggu, mendorong polisi untuk menyelidiki di tengah spekulasi itu bisa menjadi aksi lingkungan.

Tetapi analisis menunjukkan "adanya fluorescein dalam sampel yang diambil", menurut badan regional untuk pencegahan dan perlindungan lingkungan Veneto (Arpav).

Hasilnya "belum menunjukkan adanya unsur beracun dalam sampel yang dianalisis", kata Arpav, tanpa menyebutkan asal zat tersebut.

Perubahan warna yang diperhatikan oleh warga mengangkat alis, dengan polisi menyelidiki apakah pembangunan hari Minggu bisa menjadi protes oleh aktivis perubahan iklim, menurut harian lokal La Nuova Venezia.

Ini bukan pertama kalinya Grand Canal menjadi hijau.

Pada tahun 1968, seniman Argentina Nicolás García Uriburu mewarnai air hijau Kanal Besar Venesia dengan pewarna neon selama Biennale Venesia ke-34 dalam aksi untuk mempromosikan kesadaran ekologis.