GARUT, CEKLISSATU – Pagi ini daerah Garut, Jawa Barat diguncang gempa bumi dengan kekuatan 5,0 Magnitudo. Dikabarkan bahwa guncangan terasa hingga Bandung.

Badan Meteorologi, Kalimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan melalui akun X pada Rabu (18/9/2024) bahwa pusat gempa berada di koordinat 7,22 Lintang Selatan, dan 107,70 Bujur Timur.

Kemudian pusat gempa berjarak 21 km arah barat daya dari Kabupaten Garut.

"#Gempa Mag:5.0, 18-Sep-2024 09:41:07WIB, Lok:7.22LS, 107.70BT (21 km BaratDaya KAB-GARUT-JABAR)," cuit BMKG.

Baca Juga : Tingkatkan Kewaspadaan Gempa Bumi Megathrust, Pj Gubernur Jabar Lakukan Ini

Pusat gempa bumi berada di kedalaman 10 km. Gempa terjadi pukul 09.41 WIB.

Terpisah, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut meminta jajarannya mengecek dampak dari guncangan gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,0 yang berlokasi di Kabupaten Bandung

Laporan resmi dari situs BMKG bahwa gempa berkekuatan magnitudo 5,0 pada Rabu pukul 09:41:08 WIB itu terjadi 24 km tenggara, Kabupaten Bandung, dengan kedalaman 10 km.

Adanya guncangan gempa tersebut, BPBD memastikan semua jajarannya sudah bergerak untuk mengecek wilayah Garut guna mengetahui ada atau tidaknya kerusakan dampak dari guncangan gempa tersebut.

Baca Juga : Jawa Barat Terancam Gempa Megathrust, BPBD Minta Warga Lakukan Mitigasi Dini

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Garut, Aah Anwar Saefuloh mengatakan,pihaknya sudah memerintahkan seluruh camat dan jajaran instansi lainnya untuk mengecek wilayahnya masing-masing untuk mengetahui dampak setelah terjadinya gempa Bandung.

Jika terjadi kerusakan di wilayahnya, kata dia, agar segera melaporkan ke BPBD Garut untuk ditindaklanjuti.

"Para camat dan kepala desa mohon memberikan informasi kondisi situasi di wilayahnya masing-masing, mohon laporannya jika terjadi korban terdampak gempa yang baru saja terjadi," ungkapnya, seperti dikutip, pada Rabu (18/9/2024).

Diketahui, guncangan gempa bumi tersebut cukup dirasakan masyarakat di Kabupaten Garut.

Seperti warga di Perumahan Malayu, Desa Sirnajaya, Kecamatan Tarogong Kaler berhamburan keluar rumah karena merasakan guncangan gempa.