BOGOR, CEKLISSATU - Dilanjutkannya program Satu Miliar Satu Desa (Samisade) di tahun 2024 oleh Pemkab Bogor dibawah kepemimpinan Pj Bupati Bogor, Asmawa Tosepu. Diharapkan Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto bisa digunakan secara efisien dan maksimal. 

Hal itu didasari Rudy, karena untuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2024. Setidaknya Pemkab Bogor telah mengalokasikan dana anggaran kurang lebih Rp 400 miliar, untuk bantuan keuangan infrastruktur desa yang ada di Kabupaten Bogor.

“Pembangunan di desa harus tetap menjadi prioritas. Saya memastikan bahwa bantuan keuangan yang sebelumnya dikenal sebagai Samisade akan terus berlanjut dan telah diakomodasi dalam APBD 2024,” ujarnya, Kamis (22/2/2024).

Baca Juga : Keren ! Olah Sampah Visual Alat Peraga Kampanye Jadi Bahan Konstruksi

Wakil Sekjen Partai Gerindra itu juga mengingatkan agar Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bogor melakukan verifikasi desa penerima bantuan dengan cermat. 

“Walaupun alokasi tidak mengalami perubahan dari tahun sebelumnya, penting untuk memprioritaskan kepentingan masyarakat. Saya mendengar bahwa beberapa desa akan menggunakan dana untuk perbaikan kantor desa, namun hal ini harus tetap sesuai dengan ketentuan, tidak boleh melebihi 20 persen dari alokasi yang diterima,” tegas Rudy.

“Itulah mengapa pentingnya memastikan bahwa bantuan keuangan infrastruktur desa digunakan secara tepat sasaran dan memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat desa,” tandasnya.