BOGOR, CEKLISSATU - Dalam rangka memperingati ke-78 Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Lanud Atang Sendjaja  bekerjasama dengan Festival Merah Putih (FMP) menggelar open base bertempat di Shelter Skadron Udara 6 Wing 4 Lanud Atang Sendjaja Bogor. Hal ini dilakukan, penutupan Festival Merah Putih  2023

Dalam Open Base diselenggarakan berbagai kegiatan antara lain; demo udara oleh Federasi Aero Sport Indonesia Daerah Bogor (Fasida Bogor), berupa terjun payung yang salah satu penerjun membawa bendera merah putih, dan Lanud Ats. Terjun payung dilaksanakan dalam ketinggian 5000 feet melalui Helikopter EC-725 Caracal (HT-7202/ HT-7206), di mana penerjunan pertama (run 1) dilaksanakan oleh sebanyak 8 peterjun, dan run 2 dilaksanakan 7 peterjun.


Selain itu, demo penerbangan pesawat trike juga dilaksanakan, melibatkan 9 pesawat trike (PK-S 079, PK-S 080, PK-S 109, PK-S 121, PK-S 265, PK-S 280, PK-S 333, PK-S 500, PK-S 888), sedangkan kegiatan paramotor melibatkan 3 pesawat.

Baca Juga : Kondisi Udara Bogor Lagi Tak Sehat, Jangan LupA Selalu Gunakan Masker Jika Beraktivitas di Luar Ruangan


Harmony Nusantara, sebuah pertunjukkan tari daerah yang dilaksanakan medley oleh Wanita TNI Angkatan Udara Bogor, juga meramaikan Open Base yang terbuka untuk umum. Terselenggara tarian ini untuk menunjukkan keberagaman budaya Indonesia dari Sabang sampai Merauke yang harus lestari di bumi Pertiwi yang di rangkai dalam satu tarian.

IMG-20230827-WA0018.webp
Dalam rangka memperingati ke-78 Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Lanud Atang Sendjaja  bekerjasama dengan Festival Merah Putih (FMP) menggelar open base bertempat di Shelter Skadron Udara 6 Wing 4 Lanud Atang Sendjaja Bogor. Hal ini dilakukan, penutupan Festival Merah Putih  2023


Open Base Lanud Atang Sendjaja juga menggelar static show, berupa pameran Helikopter TNI AU, antara lain; Helikopter NAS-332 Super Puma Skadron Udara 6 Wing Udara 4 Lanud Atang Sendjaja, Helikopter EC-725AP Caracal Skadron Udara 8 Wing Udara 4 Lanud Atang Sendjaja, Helikopter  AS 365 N3+ Daupin dan  Helikopter BO-105 Bolkow Satuan Udara Pencarian dan Pertolongan (Satud PP) Wing Udara 4 Lanud Atang Sendjaja, Helikopter EC-120B Colibri Skadron Udara 7 Lanud Suryadarma, di samping itu juga turut dipamerkan kendaraan taktis (rantis) MIT ARES,  Assault Vehicle (p6 ATAV), EOD Jihandak Satuan Bravo 90 Pasgat, PJD V8 Batalyon 14 Kopassus, APC Turangga 4x4 Kompi C Batalyon 461 Kopasgat, dan Resimen II Paspelopor Brimob menghadirkan Barracuda, Rantis Patroli Jarak Jauh (PJJ), serta Rantis Wolf. Fasida Bogor juga memamerkan 1 unit Paramotor, 1 unit Paratrike dan 1 unit Trike.


Kemeriahan Open Base dalam rangka Closing Ceremony FMP, juga menghadirkan penampilan Drumband dari siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan Penerbangan “Angkasa” (SMKP Angkasa) Yasarini Lanud Atang Sendjaja, dan juga dari Drumband Universitas Pertahanan (Unhan).
Kegiatan yang dibuka untuk umum ini disaksikan ribuan masyarakat Bogor, dalam cuaca panas dan terik, yang tidak mengurangi  antusias warga dari anak-anak, pelajar dan orang tua mengabadikan kegiatan dengan berswa foto. 


Komandan Lanud Atang Sendjaja Marsma TNI M. Taufiq Arasj, S.Sos., mengatakan, kegiatan ini merupakan kolaborasi yang sangat positif untuk menumbuhkan rasa nasionalisme kita melalui forum FMP, berkolaborasi dengan Lanud Atang Sendjaja  Open Base.


"Dengan open base ini kita menunjukan kepada masyarkat inilah Pangkalan TNI AU  Atang Sendjaja  dan ini juga beberapa rangkaian kegiatan festival merah putih", imbuhnya.


Karena, tambahnya, terlaksananya kegiatan ini tidak lepas dari arahan dari Bapak Presiden Ir. Joko Widodo, arahan Bapak Panglima TNI dan juga Bapak Kasau untuk memeriahkan bulan Agustus bulan Kemerdekaan ini bersama-sama dengan masyarakat.


"Sehingga hari ini kita melaksanakan static show, dan demo udara beberapa penerjun dengan membawa bendera merah putih dan juga kolosal mengibarkan bendera merah putih sepanjang 100 meter dan tarian-tarian yang menunjukan bahwa Nusantara itu banyak tapi nasionalme merah putih itu harus tetap ada dan tertanam dengan sempurna disetiap warga indonesia", ujarnya.


Adapun juara pada  LKBB FMP, Antara Lain; Katagori SMP/ Sederajat Juara 1 SMPN 8 Kota Bogor, Juara 2 SMP Rimba Taruna, dan Juara 3 SMPN 2 Cibinong, Serta untuk Katagori SMA/ Sederajat Juara 1 SMAN 10 Kota Bogor, Juara 2 SMA Pesat, dan Juara 3 SMKP Angkasa Bogor.


Hadir pada kegiatan tersebut Walikota Bogor Bapak Bima Arya Sugiarto, Wakil Walikota Bogor Bapak Dedie Rachim, Danrem 061/ Suryakancana Brigjen TNI Anan Nurakhman, S.I.P,  Pejabat Forkopimda Kabupaten Bogor,  Forkopimda Kota Bogor, Bobats (Bogor Bersahabat), Panitia FMP, Para Pejabat TNI Polri Wilayah Bogor, Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 3/D.I Lanud Ats Ny. Rossa Taufiq Arasj dan Pengurus, Danwing Udara 4 Lanud Ats Kolonel Pnb Asep Wahyu Wijaya, M.M.S, Para Kadis, Ka RSAU dr. M. Hasan Toto, serta undangan lainnya.