JAKARTA, CEKLISSATU - Direktur Jenderal (Dirjen) Sumber Daya Air (SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jarot Widyoko menyatakan, bahwa Bendungan Sepaku Semoi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara bakal segera diisi pada April 2023 mendatang.

"(Bendungan) Sepaku Semoi kurang lebih April. Tapi, saya harapkan sebelum itu sudah bisa di-impounding," ungkap Jarot usai konferensi pers antisipasi menghadapi musim kemarau dan bencana di Jakarta pada Rabu 15 Februari 2023.

Bendungan Sepaku Semoi akan menyediakan air baku IKN hingga tahun 2030 sebesar 2.500 liter per detik, dengan 2.000 liter per detik untuk memenuhi kebutuhan air baku di Ibu Kota Nusantara (IKN) dan 500 liter per detik untuk Kota Balikpapan.

Baca Juga : Pembangunan Bendungan Sepaku Semoi di IKN Nyaris Rampung

Untuk informasi, konstruksi Bendungan Sepaku Semoi telah dilaksanakan sejak Juli 2020 dengan target penyelesaian pada Desember 2023 mendatang, sesuai kontrak yang ditentukan. Biaya yang dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur ini sebesar Rp 556 miliar.

Selain bendungan, Kementerian PUPR juga tengah menyelesaikan Intake Sungai Sepaku berkapasitas 3000 liter/detik.

Sehingga akan tersedia suplai air baku sebanyak 5.000 liter/detik untuk proyeksi sekitar 2 juta penduduk IKN hingga 2035.