BOGOR, CEKLISSATU - Sebanyak 61 rumah warga rusak terdampak gempa bumi di wilayah Kabupaten Bogor. Gempa itu berkekuatan 4,6 magnitudo berpusat di wilayah Kabupaten Sukabumi. 

"Perkiraan hasil kaji cepat kerusakan akibat gempa bumi terdapat 61 rumah," ujar Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor M. Adam Hamdani dikonfirmasi, Kamis (14/12/2023).

Jumlah itu, tambah Adam, tersebar di empat kecamatan yakni Pamijahan, Leuwiliang, Nanggung dan Ciampea. Saat ini, BPBD sedang melakukan kaji cepat bencana termasuk evakuasi masyarakat di lokasi terdampak.

Baca Juga : BMPS, Disdik dan Forum Doktor MP Unpak Gelar Diklat Managerial untuk Kepsek SD dan SMP se-Kabupaten Bogor Angkatan ke 2

"Untuk kaji detail kerusakan bangunan atau rumah dilakukan oleh DPKPP. Datanya masih berjalan atau dinamis," pungkas Adam.

Diketahui, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa bumi dengan magnitudo 4,6 pusat gempa di darat, 25 kilometer Barat Laut, Kabupaten Sukabumi pagi tadi.

Gempa itu memiliki kedalamam 5 kilometer dengan guncangan cukup terasa kuat di Pamijahan, Panggarangan, Bayah, Klapanunggal, Cilograng, Bogor, Ciputat, Tangerang, Pelabuhan Ratu.