TIDORE, CEKLISSATU – Walikota Tidore, Ali Ibrahim mendapatkan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian saat puncak Sail Tidore 2022.

Mesin ADM merupakan inovasi dari Ditjen Dukcapil Kemendagri dan Dinas Dukcapil untuk memberi kemudahan pelayanan bagi masyarakat dalam layanan administrasi kependudukan. 

"Manfaat mesin ADM, sepanjang sudah memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK), masyarakat bisa mencetak sendiri dokumen seperti KTP-el, KIA, KK dan lain-lain. Tidak perlu lagi datang ke kantor Dukcapil," urai Mendagri Tito Karnavian, dalam keterangan resminya.

Baca Juga : Business Forum dalam Sail Tidore 2022

“ADM ini sebenarnya ukurannya besar seperti ATM di bank, tapi karena ini sebagai simbolis kami menyerahkan miniaturnya," tambah Tito sambil menyerahkannya kepada Ali Ibrahim.

Wali Kota Tidore mengingatkan kembali posisi daerahnya sebagai kota warisan dunia perekat bangsa-bangsa yang diangkat sebagai tema Sail Tidore 2022.

“Semoga usai Sail Tidore ini, pemerintah berkenan untuk membangun bandara, jembatan penghubung Tidore-Ternate, pasar modern, monumen pembebasan Irian Barat dan pembangunan museum bawah laut di Tidore,” tutup Ali Ibrahim.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS