RUSIA, CEKLISSATU - Sekitar 2.500 ekor anjing laut ditemukan mati di pantai Laut Kaspia di Rusia Selatan, Senin 5 Desember 2022.

Anjing laut Kaspia telah diklasifikasikan terancam punah dalam daftar merah International Union for Conservation of Nature (IUCN) sejak 2008. 

Dilansir BBC, dilaporkan sekitar 700 anjing laut ditemukan mati, tetapi dari hasil penyelidikan lebih lanjut mengungkapkan bahwa jumlah yang jauh lebih tinggi dan penghitungan terus berlanjut. Para pejabat juga mengatakan tidak menemukan tanda-tanda bahwa mereka mati karena kekerasan.

Kepala Pusat Perlindungan Lingkungan Kaspia, Zaur Gapizov, mengatakan bahwa anjing laut itu kemungkinan mati sekitar dua minggu lalu. Tidak ada bukti yang menunjukkan hewan itu dibunuh atau ditangkap menggunakan jaring ikan.

Baca Juga : Korut Eksekusi Mati Penyebar Drama Korea Secara Terbuka

Pusat Perlindungan Lingkungan Kaspia menyebutkan jumlah anjing laut Kaspia sekarang hanya 70.000 ekor, turun lebih dari satu juta sekitar satu abad yang lalu.

Kementerian sumber daya alam dan lingkungan wilayah Dagestan menulis pernyataan di Telegram bahwa sejumlah besar anjing laut yang mati telah ditemukan di antara muara dua sungai, Sulak dan Shurinka.

Para ahli kini telah mengumpulkan sampel dan kementerian mengatakan alasan kematian akan segera ditetapkan ketika hasil laboratorium keluar. Populasi anjing laut di Laut Kaspia memang telah menurun drastis selama beberapa dekade lantaran perburuan yang berlebihan dan polusi industri.