BOGOR, CEKLISSATU - Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik (SPKL) akan segera hadir di Kota Bogor. PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero Wilayah UP3 Bogor mulai membangun tempat ngecas atau charging stasion kendaraan listrik di Balaikota Bogor dan Alun-alun Kota Bogor.

Ditargetkan, pembangunan Charging station atau Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik (SPKL) yang diperuntukan bagi kendaraan roda empat berbasis baterai itu akan rampung pada akhir bulan ini.

“Untuk pembangunan dua lokasi tersebut sedang progres, mudah-mudahan satu dua minggu ke depan sudah bisa beroperasi dan digunakan oleh warga Bogor,” kata Humas PLN UP3 Bogor, Susan Khaerany kepada wartawan, Selasa 8 November 2022

Saat ini, SPKL yang masih dalam tahap pembangunan dan nantinya bisa digunakan sebagai stasiun pengisian bahan bakar bagi kendaraan berbasis listrik 

Nantinya, SPKL ini bisa digunakann oleh masyarakat Bogor yang sudah memiliki kendaraan listrik.

Susan menerangkan, bahwa pembangunan SPKL ini merupakan bagian dari kewajiban PLN menghadirkan hal ini.

Sekaligus juga, sebagai upaya PLN yang terus mendukung penggunaan kendaraan ramah lingkungan berbahan dasar listrik.

"Ini sebenarnya programnya dari PLN Jawa Barat (Jabar). Ini kado persembahan untuk Jabar mempersembahkan 104 SPKL di seluruh Jabar. Untuk di Bogor sendiri ada diseluruh unit pelayanan PLN. Lalu, ada tiga tambahan juga di Istana Bogor, Balaikota Bogor, dan Alun-Alun Kota Bogor,"paparnya.

Susan pun membeberkan, bahwa SPKL yang ada di Balaikota Bogor dan Alun-Alun ini sedikit berbeda dengan SPKL yang sudah ada.

"Perbedaannya memang yang di kantor unit PLN itu masing-masing menggunakan medium charging. Sementara Balkot dan Alun-Alun menggunakan fast charging sehingga memang alatnya berbeda dan proses pengadaanya pun berbeda, jadi rada lama kehadiran alat-alat charging nya," jelasnya.

Nantinya, SPKL ini hanya bisa digunakan untuk kendaraan roda empat saja. Selain roda empat, SPKL ini tidak bisa digunakan

"Nanti, bisa digunakan oleh Kendaraan roda empat saja atau mobil,"ungkapnya.

Baca Juga : Kolaborasi 2 Negara, Trinity Optima Production Gandeng Perusahaan Hiburan Korsel

Seperti kita ketahui, rencana pembangunan dua tempat pengisian data bagi kendaraan listrik ini dilakukan untuk mendukung langkah Pemkot Bogor dalam mewujudkan kendaraan bertenaga listrik di Kota Bogor.

Di mana, Pemkot Bogor sendiri direncanakan akan membeli dua unit mobil dan lima unit sepeda motor listrik berbasis baterai pada tahun ini.

“Iya jadi pedoman kita pada Inpres, karena ini juga membangun infrastruktur sekaligus ada charging station yang dibangun oleh PLN,” ungkap Walikota Bogor, Bima Arya baru baru ini

“Jadi artinya nanti ada pengaturan di lingkungan Pemkot, mobil-mobil yang sudah kadarluarsa gitu ya nah ini bisa di geser-geser, kemudian nanti akan kita pastikan peruntukan mobil listrik ini untuk apa. Tapi ini harus kita mulai karena ada Inpres dan sistemnya harus dibangun dari sekarang,” ujarnya. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS