BOGOR, CEKLISSATU - Memasuki hari ketiga atau hari terakhir pendaftaran pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota Bogor pada Pilkada 2024, kantor KPU Kota Bogor mulai didatangi masing-masing sangan calon salah satunya Dr. Raendi Rayendra dan Eka Maulana.

Menariknya, berbeda dengan pasangan bakal calon sebelumnya, pasangan Dr. Raendi Rayendra dan Eka Maulana mendatangi kantor KPU Kota Bogor dengan iring-iringan delman beserta para relawan dan pimpinan partai politik pengusung (PPP, PKB) dan partai pendukung (PKN, Garuda, Buruh, PBB).

Sebelumnya, pasangan Dr. Raendi Rayendra dan Eka Maulana merupakan pasangan bakal calon ketiga yang resmi mendaftarkan diri untuk mengikuti kontestasi Pilkada 2024.

Baca Juga : Ferdy Element Tularkan Bakat ke Dafi dan Rafa, Single Perdana Berjudul Papa Sudah Dirilis

Tentunya kehadiran delman yang menghantarkan mereka ke Kantor KPU bukan hanya sekadar pilihan transportasi, tetapi juga sebuah simbol yang kuat tentang komitmen pasangan ini untuk melestarikan budaya dan ciri khas Kota Bogor.

Saat ditanya mengenai pilihan menggunakan delman, pria yang akrab disapa Dokter Rayendra itu mengatakan bahwa menggunakan iring-iringan delman memang sengaja agar berbeda cara dengan pasangan calon lainnya.

"Kenapa kita pakai delman? Karena kami ingin mencari perbedaan yang kami buat dari pasangan calon lain," ucapnya pada Kamis, 29 Agustus 2024.

Dokter Rayendra menyebut bahwa delman merupakan salah satu kendaraan transportasi tradisional yang masih dipertahankan di Kota Bogor, terutama di tengah kota. 

Bagi Dokter Rayendra yang merupakan putra asli Bogor, delman memiliki nilai sentimental tersendiri. "Sebagai orang Bogor dan ayah dari anak-anak yang masih kecil, saya merasa delman tetap relevan dan penting. Anak-anak saya masih suka dengan adanya model transportasi tradisional ini," imbuhnya.

Dokter Rayendra juga menekankan pentingnya mempertahankan delman sebagai bagian dari identitas Kota Bogor, yang dikenal sebagai Kota kuliner dan wisata. Apalagi, delman menjadi salah satu daya tarik unik yang membuat wisatawan tertarik berkunjung ke Bogor. 

"Mudah-mudahan delman tetap ada di Kota Bogor, karena Kota Bogor adalah kota kuliner dan kota wisata. Itu menjadi ciri khasnya," katanya.