PEKANBARU, CEKLISSATU - Pebulu tangkis tunggal putra, Yohanes Saut Marcellyno melangkah ke semifinal turnamen WONDR by BNI Indonesia Masters 2024 Super 100.

Dalam laga yang digelar di GOR Remaja Pekanbaru, Riau, Jumat (30/8/2024), pemain kelahiran 2 Mei 2003 itu kembali berlaga di empat besar seusai mengalahkan rekan satu negaranya, Krishna Adi Nugraha dengan skor 22-20, 21-8.

Pada pertandingan ini, tunggal putra ranking 76 dunia itu mengaku sempat kesulitan membendung serangan Krishna di awal laga. Dengan bermain lebih tenang, juara Guwahati Masters 2023 itu mampu tampil konsisten untuk akhirnya meraih kemenangan dalam tempo 36 menit atas tunggal putra ranking 183 dunia tersebut.

“Pertandingan yang tidak mudah untuk saya karena di gim pertama skor ketat. Saya mencoba keluar dari tekanan dan sempat tertinggal di pertandingan. Bersyukur bisa meraih kemenangan di laga ini dan melangkah ke semifinal tanpa mengalami cedera,” ujar Saut.

Sepanjang turnamen WONDR by BNI Indonesia Masters 2024 Super 100 tercatat Yohanes Saut Marcellyno berhadapan dengan wakil Indonesia.

Tercatat sebelumnya Saut menghadapi rekan satu negaranya yakni Jason Christ Alexander, dan Prahdiska Bagas Shujiwo sebelum menghadapi Krishna.

Juara Finnish Junior 2021 itu mengaku mencoba untuk fokus mengingat lawan rekan satu negara pasti tidak mudah karena sudah mengetahui kelebihan dan kelemahan masing-masing.

“Menghadapi kembali rekan satu negara di babak perempat final tentu membuat saya harus menambah ekstra fokus karena pasti tidak mudah. Lawan juga pasti pengin meraih kemenangan juga dan saya mencoba mengatasi hal tersebut dengan mempersiapkan diri lebih baik lagi,” ungkap Saut.

Dengan kemenangan ini, Yohanes Saut Marcellyno akan menghadapi rekan satu negaranya, Moh. Zaki Ubaidillah yang pada laga sebelumnya mengalahkan Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay lewat pertarungan rubber game dengan skor 12-21, 21-10, 21-14.

Menghadapi kembali Ubed -sapaan akrab Zaki- di semifinal membuat Saut mencoba untuk bisa meredam agresivitas lawan. Menghadapi lawan yang nothing to lose tidak mudah sehingga membuat Saut akan mempersiapkan diri dengan maksimal menghadapi laga empat besar.

Menilik rekor pertemuan, pekan lalu Saut mampu meraih kemenangan melawan Ubed di semifinal WONDR by BNI Indonesia International Challenge 2024 dengan skor 19-21, 21-15, 21-13.

“Kembali melawan Ubed tentu tidak mudah. Lawan pasti punya semangat untuk bisa mengalahkan saya karena pasti bermain nothing to lose. Ubed merupakan pemain yang tangguh dan saya mau mencoba antisipasi hal tersebut terlebih dahulu,” ungkap 

Hasil ini membuat Indonesia tercatat menempatkan tiga wakil pada ajang WONDR by BNI Indonesia Masters 2024 Super 100.

Tercatat selain Saut dan Ubed juga ada Alwi Farhan. Pemain kelahiran 12 Mei 2005 itu melangkah seusai mengalahkan wakil India, S.Sankar Muthusamy Subramanian dengan skor 21-12, 23-21.