YOGYAKARTA, CEKLISSATU - Pasangan Darren Aurelius/Bernadine Anindya Wardana harus puas menjadi runner up turnamen bulutangkis BNI Badminton Asia Junior Championships 2024 setelah kalah dari ganda campuran China, Lin Xiang Yi/Liu Yuan Yuan.

Berlaga di GOR Amongrogo, Yogyakarta, Minggu (7/7/2024), Darren/Bernadine menyerah dua gim langsung dengan skor 12-21, 13-21 dari wakil Negeri Tirai Bambu itu.

Pada laga ini Darren/Bernadine kurang bisa mengimbangi permainan wakil Negeri Tirai Bambu yang bermain menyerang sejak awal pertandingan. Lebih tertekan lagi, Darren/Bernadine akhirnya harus menyerahkan dua gim langsung pada laga ini dalam tempo 33 menit.

“Lawan lebih unggul, kami harus mengevaluasi dan nantinya jika kembali bertemu kami bisa membalas kekalahan,” ungkap Darren.

“Lawan tidak mau kalah, mereka bertarung memang permainan kita kalah. Soal kondisinya sudah cukup,” Bernadine menambahkan.

Hasil ini membuat Darren/Bernadine gagal mengikuti pasangan Leo Rolly Carnando/Indah Cahya Sari Jamil yang sebelumnya berjaya pada ajang AJC 2019 di China.

Saat itu di Suzhou Olympic Sports Center, Leo/Indah yang tampil di partai final menjadi juara setelah mengalahkan wakil China, Feng Yan Zhen/Lin Fang Ling dengan skor 16-21, 22-20, 22-20.

“Kita mesti berlatih lebih keras lagi agar ke depannya bisa mendapat hasil lebih baik lagi. Raihan di turnamen ini tentu tidak membuat kami puas. Masih ada beberapa gelar yang harus kami raih lagi,” ujar Darren.

“Raihan runner up pada ajang BNI Badminton Asia Junior Championships 2024 kami persembahkan untuk Indonesia. Sudah lama sektor ganda campuran Indonesia belum mendapat gelar, kami berharap kemenangan ini bisa memberi motivasi bagi kami,” Bernadine menambahkan.

Dari kubu China, Lin Xian Yi/Liu Yuan Yuan mengaku senang bisa meraih gelar juara dan membuat Negeri Tirai Bambu mengoleksi lima gelar di ajang BNI Badminton Asia Junior Championships 2024. Bagi keduanya, gelar juara di hadapan publik Kota Pelajar merupakan buah hasil kerja keras keduanya selama latihan.

“Gelar juara BNI Badminton Asia Junior Championships 2024 bersama dengan latihan kami selama ini. Kami tentu senang, berharap kemenangan ini bisa memberikan motivasi bagi kami,” ungkap Lin.

Dengan hasil ini, wakil China tercatat memborong lima gelar juara dari turnamen BNI Badminton Asia Junior Championships 2024. Selain Lin/Liu, gelar juara Negeri Tirai Bambu lainnya disumbangkan Hu Zhe An (tunggal putra), Xu Wen Jing (tunggal putri), Hu Ke Yuan/Lin Xian Yi (ganda putra), dan Chen Fan Shu Tian/Liu Jia Yue (ganda putri).

Hu naik podium tertinggi setelah menumbangkan wakil Korea Selatan, Yoon Ho Seong dengan skor 13-21, 21-14, 21-14. Dari sektor tunggal putri, Xu Wen Jing juara sementara mengalahkan rekan satu negaranya, Yin Yi Qing dua gim langsung 21-13, 21-15.

Dari sektor ganda putra, Hu Ke Yuan/Lin Xian Yi berjaya seusai mengalahkan pasangan Malaysia, Kang Khai Xing/Aaron Tai straight game 21-13, 21-11. Adapun untuk sektor ganda putri, Chen Fan Shu Tian/Liu Jia Yue mengalahkan pasangan Korea Selatan, Kim Min Ji/Yeon Seo Yeon lewat pertarungan dua gim 21-11, 21-15. 

Hasil Final BNI Badminton Asia Junior Championships 2024

Tunggal Putra: Hu Zhe An (China) vs Yoon Ho Seong (Korea Selatan) 13-21, 21-14, 21-14.

Tunggal Putri: Xu Wen Jing (China) vs Yin Yi Yi Qing (China) 21-13, 21-15.

Ganda Putra: Hu Ke Yuan/Lin Xian Yi (China) vs Kang Khai Xing/Aaron Tai (Malaysia) 21-13, 21-11.

Ganda Putri: Chen Fan Shu Tian/Liu Jia Yue (China) vs Kim Min Ji/Yeon Seo Yeon (Korea Selatan) 21-11, 21-15.

Ganda Campuran: Lin Xiang Yi/Liu Yuan Yuan (China) vs Darren Aurelius/Bernadine Anindya Wardana (Indonesia) 21-12, 21-13.