Waspada! Ruangan Ber-AC Berpotensi Besar Penyebaran Covid-19

BOGOR, Ceklissatu.com – Bagi anda yang sering berkegiatan di ruangan AC sebaiknya tak melepaskan masker. Sebab, di ruangan ber-AC potensi penularan Covid-19 sangat tinggi.

Perwakilan IDI Kota Bogor, Irianto Honest menjelaskan peningkatan kasus penularan Covid-19 yang saat ini banyak terjadi di dalam ruangan yang tertutup akibat kurangnya ventilasi dalam ruangan karena tidak ada jendela dan menggunakan AC. Dengan kondisi tersebut, partikel kecil Covid-19 bisa bertahan berjam-jam di ruangan tersebut.

Bacaan Lainnya

“Bagi para pelaku usaha dan orang yang sering melakukan pekerjaan di dalam ruangan, dirinya menghimbau untuk berhati-hati,” katanya yang juga tergabung dalam Tim Merpati pada Gugus Tugas Covid-19 Kota Bogor.

Ia melanjutkan, keadaan bisa diperparah jika penerapan protokol kesehatan kurang maksimal. Pengukuran temperatur suhu tubuh, sebetulnya hanya efektif sebesar 30 persen. Banyak kasus penularan  disebabkan tanpa gejala, yang efektif adalah dengan mencuci tangan dengan baik sesuai standar WHO.

Penerapan protokol kesehatan, seperti 3M sesuai standar WHO juga disampaikannya kepada semua yang hadir. Menurutnya, idealnya dalam mencuci tangan sesuai standar WHO ada 6 langkah yang harus dijalankan, yakni membersihkan bagian dalam tangan selama lima detik, sela-sela jari, punggung tangan plus sela-sela jari bagian luar, bagian bawah sisi, ibu jari, kuku jari khususnya yang panjang.

Cara membasuhnya juga sesuai metode mencuci tangan dan dikeringkan dengan tisu yang steril. Untuk pemakaian masker, yang harus dipastikan bagian dalam masker jangan disentuh.

“Pada saat memakai masker tangan dalam keadaan bersih, setelah memakai masker kembali dibersihkan dengan hand sanitizer, jangan lupa bawa masker lebih dari satu,” ujarnya.

Irianto membeberkan, data medis hasil penelitian ilmiah yang dilakukan Center for Disease Control (CDC) baru-baru ini, kadar partikel kecil Covid-19 yang bisa membuat seseorang terinfeksi Covid-19 kurang lebih berjumlah 1.000 partikel kecil Covid-19.

“Bagi penderita Covid-19, ketika bernapas  biasa tanpa memakai masker jumlah kadar partikel kecil Covid-19 yang keluar sebanyak 20 partikel, jika berbicara kadarnya berjumlah 200 partikel sedangkan jika batuk atau bersin partikel  yang keluar kurang lebih sebanyak 200 juta Covid-19,” katanya.

Editor: Ayatullah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *