Waspada Pasien OTG, Emil Tekankan 3M

Waspada Pasien OTG, Emil Tekankan 3M

BOGOR, Ceklissatu.com – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyebut banyak tenaga kesehatan di rumah sakit yang terpapar Covid-19, bukan karena saat menangani pasien covid, melainkan pasien umum. Hal itu ia temui salah satunya di RSUD Cibinong, Kabupaten Bogor.

“Saya berdiskusi dengan beberapa tenaga kesehatan. Beberapa di antara mereka terpapar Covid-19, tapi bukan saat menangani pasien covid melainkan pasien umum,” katanya, Kamis (08/10/2020).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, hal tersebut harus diwaspadai. Ia meminta protokol kesehatan di lingkungan rumah sakit lebih diperketat.

“Mungkin pasien umum itu adalah mereka yang masuk golongan OTG (Orang Tanpa Gejala) lalu tenaga kesehatan yang menangani itu, tertular,” jelasnya.

Pria yang akrab disapa Emil itu meminta masyarakat yang datang ke rumah sakit atau berobat, untuk mengedepankan 3M yang kini di anjurkan pemerintah.

“Saya harap memakai masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan (3M) bisa menjadi kebiasaan baru kita untuk saling menjaga,” tegas Emil.

Sementara, semakin banyaknya tenaga kesehatan yang terpapar Covid-19 membuat ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM) penanganan pasien di rumah sakit, berkurang.

Dari informasi yang didapat, sudah sekitar 86 tenaga kesehatan di Kabupaten Bogor terdampak Covid-19.

 

 

Editor: Ayatullah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *