Walikota Banjar Lantik Anggota BPD Desa Sinar Tanjung

  • Whatsapp

BANJAR,Ceklissatu.com-Badan Permusyawaratan Desa (BPD) merupakan Lembaga pertama yang berperan sebagai lembaga penyalur aspirasi masyarakat di tingkat Desa.
Dalam masa keanggotaannya, BPD mempunyai masa kerja selama enam tahun sehingga dilakukan pemilihan anggota baru yang dilakukan secara demokratis melalui pemilihan secara langsung.

Desa Sinartanjung merupakan salah satu desa yang telah melakukan pemilihan langsung anggota BPD masa keanggotaan tahun 2021-2027 yang diambil sumpah dan janjinya secara langsung oleh Wali Kota Banjar, Ade Uu Sukaesih, di Aula Desa Sinartanjung, Kamis ( 28/10/21).

Bacaan Lainnya

Dalam arahannya Walikota Banjar menuturkan, anggota BPD merupakan wakil dari penduduk desa berdasarkan keterwakilan wilayah dan keterwakilan perempuan yang pengisiannya dilakukan secata demokratis melalui pemilihan langsung ataupun musyawarah perwakilan.

Tiga fungsi utama BPD adalah membahas dan menyepakati rancangan peraturan bersama Kepala Daerah, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa, serta melakukan pengawasan kinerja kepala desa.

“Mengingat betapa pentingnya fungsi BPD tersebut, maka diharapkan para anggota BPD dapat senantiasa mengembangkan kompetensi dan kualitas SDM nya sehingga dapat memperkuat fungsi kelembagaan BPD itu sendiri,” jelas Walikota.

Sebanyak lima orang anggota BPD terpilih telah dilantik dan diambil sumpahnya oleh Walikota Banjar. Dari lima orang yang terpilih, terdapat dua orang perempuan yang mewakili wilayah dan keterwakilan perempuan.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas DPMD Kesbangpol Sahudi, seusai acara pelantikan dan pengambilan sumpah anggota BPD Sinartanjung menyampaikan harapannya kepada para anggota BPD, dimana BPD harus bisa inovatif, profesional dan mampu menggali potensi Desa.

” Anggota BPD ini harus bisa solid dan kondusif dengan Pemerintahan Desa, ibarat dua sisi mata uang yang harus bisa saling mengisi, hubungan emosional dengan pemerintah Desa harus chemistry, ” harapnya.

Sementara, salah seorang Anggota BPD Oman Ismail Marzuki menyampaikan agenda yang akan secepatnya dilaksanakan yaitu pemilihan ketua BPD.

” Mulai besok kita akan agendakan untuk segera merencanakan pembuatan peraturan tentang tata cara pemilihan ketua atau pimpinan, dan ketua bidang. Selanjutnya pemilihan ketua/pimpinan dan ketua bidang. Dan untuk di Desa Sinartanjung, semuanya memiliki jabatan masing-masing. Dan saat ini BPD mempunyai fungsi sebagai Lembaga Desa yang melaksanakan fungsi Pemerintahan Desa,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *