Wabup Bogor Soroti Penebangan Pohon di Kawasan Wisata Tamansari

  • Whatsapp

BOGOR, Ceklissatu.com – Penebangan pohon yang terjadi di kawasan wisata alam, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor disoroti Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan.

Iwan mengatakan, penebangan pohon tentu harus melalui mekanisme dan harus sesuai aturan berlaku. Kendati demikian, lanjut Dia, penebangan pohon di kawasan hutan merupakan kewenangan Perhutani.

Bacaan Lainnya

“Penebangan pohon di hutan itu kewenangan ada di Perhutani. Ya, kami harus kordinasi dengan perhutani. Karena tanah tersebut milik perhutani,” kata Iwan kepada wartawan.

Kemudian, sambung Iwan, Pemerintah Daerah (Pemda) Bogor tidak ada hak untuk melakukan pengawasan di kawasan Perhutani. Akan tetapi, jika AMDAL-nya bermasalah barulah itu kewenangan Pemda.

Kata Iwan, AMDAL itu merupakan persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan izin dalam melakukan usaha atau kegiatan yang diterbitkan oleh pejabat yang berwenang. Keputusan kelayakan lingkungan hidup (AMDAL) wajib dilampirkan pada saat permohonan ijin melakukan usaha atau kegiatan.

“Kecuali ada amdal. tu proses perijinan. Itu baru kita. Camat harus mengetahui dan harus jaga. Karena camat kepanjangan dari Bupati,” pungkasnya.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *