Untuk Mengetahui Tanaman Hias Banyak Filosofisnya, Minaqu Home Nature Gelar Kontes Tanaman Hias

  • Whatsapp
Wakil Walikota Bogor, Dedie A Rachim saat memberikan hadiah kepada pemenang juara satu kontes tanaman hias, Sabtu (9/1/2021)

BOGOR, Ceklissatu.com – Sebanyak 114 masyarakat umum yang terdiri dari dari petani dan kalangan penghobi tanaman hias mengikuti kontes tanaman hias di kawasan Bogor Nirwana Residence (BNR) Kota Bogor yang diselenggarakan oleh Minaqu Home Nature. Ratuaan tersebut, dibagi tiga kategori, diantaranya caladium, antorium, dan syngonium.

“Kontes tanaman hias ini memperebutkan Piala Wakil Wali Kota Dedie A Rachim,” ungkap Yasmin Sanad Direktur Minaqu Home Nature, kepafa awak media, Sabtu (09/01/2021).

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan, digelarnya kontes tanaman hias ini bertujuan agar masyarakat mengetahui tanaman yang dirawatnya masuk standar atau belum.

“Sasaran utama dari kontes ini agar peserta paham filosofis tanaman hias itu sendiri, dimana dari tanaman hias peserta dapat belajar kesabaran dan belajar komitmen yang artinya peserta dilatih kesabaran merawat tanamannya dan komitmen untuk siram rutin tanamannya,” papar dia.

“Kontes tanaman hias ini juga sekaligus untuk mengedukasi ke masyarakat dan petani bahwasanya tanaman hias itu banyak filosofisnya,” jelasnya

Untuk penjurian, kata Yasmin, pihaknya menggandeng para profrsional dan akademisi serta praktisi dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bogor, ahli pupuk dari Cianjur, pengamat pertanian, dan jurnalis pertanian.

Dalam kontes tersebut pemenang juara satu akan mendapatkan uang tunai sebesar tiga juta rupiah, pemenang juara dua mendapatkan dua juta rupiah, dan juara ketiga mendapatkan satu juta rupiah, serta masing-masing pemenang akan mendapat tropi dan sertifikat.
Tidak hanya itu masing-masing kategori ada juara harapan dan semua peserta yang ikut meramaikan kontes tersebut akan mendapatkan sertifikat.

Sementara itu, Wakil Walikota Bogor, Dedie A Rachim mengapresiasi ajang kontes tersebut. “Dengan adanya pasar tanaman hias ini mereka para pedagang paling tidak secara rutin ada peminatnya dan nilainya cukup baik serta signifikan ditengah pandemi,” ujarnya.

Dedie berharap ditengah pandemi ini pedagang bisa berkembang mencari terobosan dan kreativitas baru dari tanaman ini sehingga para kolektor terus datang ke Kota Bogor memberikan kontribusi perekonomian masyarakat Kota Bogor.

 

Editor: Ayatullah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *