Tingkatkan Keamanan dan Ketertiban, Puluhan Linmas di Banjar Ikuti Pembinaan

  • Whatsapp

BANJAR,Ceklissatu.com-Dalam upaya meningkatkan keamanan, ketentraman dan ketertiban di lingkungan RT-RW, puluhan Satlinmas (Satuan Perlindungan Masyarakat) Kelurahan Karangpanimbal, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat mengikuti pembinaan Wana Wisata Situ Mustika.

Lurah Karangpanimbal, Shelsa Giantari Artoyo mengatakan, kegiatan ini dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia agar terpeliharanya keamanan, ketentraman, dan ketertiban masyarakat di tingkat RT, RW hingga kelurahan,Selasa (14/09/21).

Bacaan Lainnya

“Pembinaan ini diharapkan bisa meningkatkan sumber daya manusia Linmas untuk lebih sigap dalam memelihara keamanan, ketentraman, dan ketertiban.

Shelsa menambahkan, peran Linmas sangatlah penting karena merupakan salah satu fungsi penggerak pengamanan di tengah masyarakat terlebih di masa pandemi Covid-19 yang dinilai tingkat kriminalitas meningkat.

“Linmas mempunyai tugas penanganan ketentraman, ketertiban, dan keamanan serta berperan dalam setiap kegiatan sosial di masyarakat. Untuk itu, mereka dibekali pengetahuan serta keterampilan, sehingga nantinya bisa menjadi motivasi saat mereka melaksanakan tugas di lapangan,” tambahnya.

Merujuk pada Permendagri (Peraturan Menteri Dalam Negeri) Nomor 10 Tahun 2009, Tentang Penugasan Satuan Perlindungan Masyarakat dalam Penanganan Ketentraman, Ketertiban dan Keamanan Penyelenggaraan Pemilihan Umum. Salah satu materi yang disampaikan adalah cara membantu dalam penanggulangan bencana, membantu memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, serta membantu kegiatan sosial.

Pembinaan anggota Linmas Karangpanimbal ini dihadiri pula oleh Camat Purwaharja, Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan jajaran perangkat Kelurahan Karangpanimbal.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *