Timun Suri Asal Kemang Mulai Diburu

  • Whatsapp

BOGOR, Ceklissatu.com— Lima hari jelang Ramadhan 1443 Hijriah pedagang buah timun suri di Jalan Raya Kemang, Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor, mulai menjajakan buah timun suri selain timun suri juga ada juga buah labu yang biasa diburu saat Ramadahn untuk menu buka puasa.

Namun belum banyak orang yang tahu Kabupaten Bogor merupakan wilayah pemasok timun suri ke daerah lain.

Bacaan Lainnya

Seperti di Kampung Parakan Jaya, Desa Kemang Kabupaten Bogor Jawa barat, di sana selain banyak para petani timun suri, ketika awal Ramadhan warga juga banyak berjualan dadakan sepanjang jalan raya Kemang.

Salah satunya Imad (47) ia bergelut dengan buah timun suri sudah sejak 10 tahun silam, selain pemasok dan pedagang timun suri, dia merupakan petani timun suri.

Imad mengaku bertani timun suri bersama para petani lain awalnya di lahan garapan hanya 500 meter kini ia mengaku sudah sekitar 3 Hektar.

“Mulai bertani timun suri dari tahun 10 tahun lama ini jadi petani /pemasok juga pedagang,”kata Imad, Jumat (9/4/2021)

Timun suri juga kata Imad selain di jual di wilayah Kemang, timun suri yang ia tanam bersama petani di Kemang juga dipasok ke daerah Tanggerang, Jakarta, Ciputat dan Pasar Minggu.

“Selain di Bogor juga dari daerah banyak yang nyari apalagi beberapa hari jelang puasa ini sudah banyak yang nanyain,”ujarnya.

Bertani timun suri Kata Imad tidaklah sulit, Dia menjelaskan untuk menanam timun suri ini pertama di semai di sebuah pot plastik, selama tiga bulan, lalu setelah itu ditebar ke lahan.

“Dan itu jaraknya ke hasil panen sekitar 50 sampai 60 hari baru bisa dipanen, untuk kendala tidak ada tinggal perawat aja seperti rutin melakukan penyemprotan hama, pemberian zat buah agar bagus buahnya,”kata Imad.

Untuk keuntungan hasil timun suri biasanya sebulan setelah puasa Imad selaku petani timun suri dapat meraup keuntungan Rp 30 juta.

“Dan itu tergantung cuaca juga si, kalau tahun kemarin itu keuntungannya mencapai Rp 25 juta-30 juta rupiah, kalau tahun ini belum ketahuan,”pungkasnya.

Editor: Ayatullah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *