Tim SAR DMC DD Bantu Bersihkan Material Pasca Banjir Bandang di Bogor

BOGOR, Ceklissatu.com – Hujan lebat yang turun di wilayah Puncak, Bogor, menyebabkan longsoran di Gunung Mas pada pagi hari, Selasa (19/01/2021). Sejumlah material dari longsoran Gunung Mas tersebut terbawa oleh aliran kali Cisampai sehingga terjadi banjir lumpur pada pemukiman warga.

Dompet Dhuafa menerjunkan Tim SAR (Disaster Management Center) DMC (Dompet Dhuafa) DD ke wilayah Gunung Mas. “Saat ini Tim SAR DMC DD tergabung dalam kru tiga yang terfokuskan dalam pembersihan material longsoran yang ada di Daerah Aliran Sungai (DAS) Cisampai, yang terbawa akibat banjir bandang yang terjadi di perkebunan Teh Gunung Mas, Kampung Rawa Dulang, Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Selasa kemarin (19/01/2021),”ujar Adhe Indra Saputra, Penanggung Jawab dari Tim SAR DMC DD saat dihubungi melalui WhatsApp, Kamis (21/01/2021).

Bacaan Lainnya

Di lokasi lain pada titik evakuasi pertama berada di sekitar rumah warga yang terkena dampak parah akibat banjir bandang. Pada titik kedua, Tim SAR didatangkan untuk membantu membersihkan aliran sanitasi air bersih ke rumah-rumah warga dan pada titik ketiga, Tim SAR dikerahkan untuk mensisir daerah aliran sungai (DAS) Cisampai dalam upaya membersihkan material banjir bandang yang berada di sungai tersebut.

“Banyak material seperti batang kayu yang besar membuat proses pembersihan aliran sungai memakan waktu ditambah dengan alat-alat yang digunakan hanya semi berat, seperti mesin potong kayu, alkon, cangkul dan lain sebagainya. Maka itu kami membutuhkan peralatan alat berat untuk evakuasi bahan material longsoran yang masih menggenangi aliran sungai Cisampai. Sementara untuk titik pengungsian ada tiga, yakni berada di Gedung Tugu Pensiunan yang saat ini menampung sekitar 250 jiwa, lalu di Wisma Perhutani dengan menampung sekitar 300 jiwa dan Sebagian warga mengungsi di rumah sanak famili,”tandas Adhe.

Hingga saat ini, akibat dari banjir bandang telah menyebabkan 900 jiwa terdampak dan 145 jiwa mengungsi. Pos Dompet Dhuafa untuk saat ini berada di Kampung Rawa Dulang, RT 02 RW 03, Desa Tugu Selatan, Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

 

Editor: Ayatullah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *