Tilap Enam Proyek, Mantan Kades Sukawangi Nikmati Rp905 Juta

  • Whatsapp

BOGOR, Ceklissatu.com – Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Bogor, Munaji menyebut mantan Kades Sukawangi, Kecamatan Sukamakmur berinisial EH telah mengantongi keuntungan hingga Rp905 juta dari aksi kejahatannya.

“Ada enam item proyek pekerjaan dengan total anggaran sebesar Rp3,4 miliar. Dari situ, mantan Kades Sukawangi mengambil keuntungan sebesar Rp905 juta,” ungkap Munaji, Jumat (26/2/21).

Bacaan Lainnya

Dia merinci, enam item tersebut digunakan sebagai modus operandi oleh mantan Kades Sukawangi.

Di antaranya, pertama mengenai kegiatan betonisasi Jalan Kampung Gombong dengan anggaran Rp286 juta.

Modus kedua, yaitu kegiatan betonisasi Jalan Kampung Catangmalang dengan anggaran Rp300 juta lebih yang tidak terealisasi kegiatannya.

Ketiga yakni betonisasi Jalan Kampung Sukahurip dengan anggaran Rp190 juta lebih yang juga tidak terealisasi, nol sama sekali kegiatannya.

Modus ke empat, sambung Munaji, yaitu pada kegiatan betonisasi di Jalan Kampung Sukahurip hingga Ciparingga dengan anggaran Rp217 juta.

Kegiatan lainnya, yakni rumah tidak layak huni (Rutilahu) yang juga disalah gunakan. Dari total jatah 11 unit di Desa Sukawangi, rupanya EH hanya merealisasikan empat unit saja.

Sedangkan tujuh kegiatan rehabilitasi lainnya tidak dimanfaatkan untuk pembangunan masyarakat, dengan masing-masing anggaran Rp10 juta per satu unit.

“Ada juga bantuan keuangan Bumdes tahun 2019. Anggaran itu berasal dari Provinsi Jawa Barat sebesar Rp 100 juta.Untuk uang Bumdes ini, modus operandinya, uang tersebut hanya diserap sebagian kecilnya saja sedangkan Rp92 juta masuk ke kantong pribadinya,” tutur Munaji.

 

Editor: Ayatullah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *