TigerCepol Bupati Runtuh, Oknum Satpol PP Cekik PKL di Stadion Pakansari

  • Whatsapp

BOGOR, Ceklissatu.com – Upaya pendekatan pelayanan kepada masyarakat dengan cara humanis yang diinisiasi Bupati Bogor, Ade Yasin melalui Tim Gerak Cepat Satpol PP (TigerCepol) runtuh seketika.

Penyebabnya, aksi cekik yang dilakukan oleh oknum anggota Satpol PP viral di media sosial. Dari informasi yang didapat, aksi itu terjadi saat penertiban PKL di area Stadion Pakansari, Cibinong Kabupaten Bogor.

Bacaan Lainnya

“Aksi itu terjadi pada Sabtu (18/9/21) saat petugas melakukan penertiban PKL di (area) Stadion Pakansari,” ungkap Sekretaris Satpol PP Kabupaten Bogor, Iman W Budiana membenarkan, Minggu (19/9/21).

Dia menjelaskan, penertiban PKL itu merupakan tugas daripada pihaknya untuk menjaga kenyamanan lingkungan. Apalagi di tengah kondisi Pandemi Covid-19 yang dikhawatirkan bisa menimbulkan kerumunan.

“Jadi pada saat penertiban, ada adu mulut, melawan petugas. Sehingga terjadilah seolah-olah mencekik itu,” jelas Iman.

Iman menduga apa yang terjadi itu lantaran emosi semata. Karena PKL yang ditertibkan tersebut seringkali dijumpai dan diberikan teguran oleh petugas.

“Beberapa kali ditertibkan, diingatkan tapi selalu ada dan berpindah-pindah PKL itu. Saat penertiban terjadi perlawanan,” tutur Iman.

Namun begitu, dia memastikan akan melakukan penertiban kepada anggotanya agar dalam menjalankan tugas tidak disertai dengan aksi kekerasan.

“Dan kami tegaskan bahwa PKL itu dilarang di kawasan Stadion Pakansari,” tegas Iman.

Dalam video yang beredar, oknum anggota Satpol PP Kabupaten Bogor yang terlihat masih muda itu terlibat adu mulut bersama dengan seorang ibu berjilbab yang diduga pemilik dagangan.

Tidak terima ditertibkan, ibu tersebut mengancam akan membanting termos yang dijinjingnya tersebut. Namun ancaman itu berbalik keras dengan jawaban oknum Satpol PP Kabupaten Bogor.

Terpancing melihat kejadian itu, seorang pria berkaos putih yang diduga anak dari ibu berjilbab tersebut menghampiri petugas dan berujung pada aksi mencekik yang dilakukan oknum Satpol PP Kabupaten Bogor tersebut.

Sementara diketahui, belum lama ini, Bupati Bogor, Ade Yasin telah meluncurkan TigerCepol untuk melayani masyarakat.

TigerCepol yang beranggotakan Satpol PP tersebut diperintahkan untuk tetap humanis saat menghadapi dan menyelesaikan masalah di lapangan.

“Sekarang tidak lagi zamannya kekerasan, semua harus humanis namun tetap tegas pada aturan,” kata Ade Yasin.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *