Tidak Hanya Virus Covid 19, Virus Ini Juga Serang Pohon Pepaya Hingga Mebuat Pasokan Pepaya Sedikit

  • Whatsapp

BOGOR, Ceklissatu.com–Tidak hanya virus Covid 19 yang menyerang manusia dan hewan, tampaknya ada virus lain juga yang saat ini menyerang tanaman pohon pepaya bahkan sudah sejak lama dari tahun 2007.

Diketahui virus yang disebut kalangan petani itu bernama bakteri Erminia atau Antraknosa yaitu virus yang meyerang batang pohon pepaya hingga menyebabkan busuk dan bahkan bakteri tersebut menular dari satu pohon ke pohon yang lainnya.

Bacaan Lainnya

Seperti diungkapkan Seorang Petani asal Desa Mekarsari, Kecamatan Rancabungur Kiki Wijanarko mengatakan virus atau bakteri itu sudah ada sejak tahun 2007, hingga saat ini bahkan belum ditemukan obatnya.

Akibatnya banyak para petani pepaya saat ini banyak yang merugi pasalnya banyak yang gagal panen karena banyak pohon pepaya yang busuk sehingga pepaya yang ditanam itu tidak semuanya dipanen.

“Sejak tahun 2007 memang sampai sekarang nama virus bakteri erminia atau antraknosa menyerang pohon pepaya baik pepaya Bangkok maupun California seperti tanaman pepaya California yang saya tanam dilahan 3000 meter ini gagal panen karen busuk batangnya,”kata Kiki Wijanarko.

Sampai saat ini dia menegaskan tidak ada obatnya, bahkan banyak Petani pepaya yang saat ini tidak berani untuk mencoba kemabli menanam pepaya lantaran virus tersebut masih ada.

“Tidak sedikit juga petani yang saat ini berani kembali untuk mencoba menanam pohon pepaya ini, seperti di Desa Mekarsari ini sejak dulu terkenal dengan para petani pepaya semenjak adanya virus tersebut kini mereka beralih bertani lainya,”katanya.

Lebih lanjut Kata Kiki selain bertani ia juga sebagai produsen pepaya California sejak tahun 2021 untuk mebantu para petani memasarkan hasil pertanian yang terdampak virus atau bakteri jahat ia menampung sejumlah hasil pertanian dari beberapa petani baik yang di Bogor maupun luar Bogor seperti Lampung.

“Karena saya banyak permintaan dari pasar tradisional maupun modern seperti supermarket dan untuk harga lumayan tinggi saat ini karena pasokan pepaya sedikit,”pungkasnya.

Editor : Ayatullah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *