Tertibkan Kades, Pemkab Gelar Sekolah Pemerintahan Desa

  • Whatsapp

BOGOR, Ceklissatu.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, mulai menertibkan para kepala desa untuk pengelolaan wilayah. Penertiban tersebut dilakukan melalui program sekolah pemerintahan desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bogor, Renaldi Yushab Fiansyah mengatakan, program sekolah pemerintahan desa yang dijalankan bersama dengan IPB University itu untuk meningkatkan sumberdaya manusia di desa.

Bacaan Lainnya

“Ini sebagai sistem peningkatan kapasitas sumberdaya manusia di pemerintahan tingkat desa. Kami ingin pimpinan desa ini mengelola desanya dengan baik terutama untuk kepentingan masyarakat,” ujarnya usai opening ceremony dan sekolah umum pemerintahan desa di Auditorium Setda, Cibinong, Kabupaten Bogor, Senin (13/9/21).

Renaldi menyebut, sekolah ini juga melibatkan staf desa. Dimana mereka juga diwajibkan memberikan kontribusi yang baik kepada kepala desa untuk masyarakat.

“Di setiap desa ada 3 orang, pertama kepala desa soal kebijakan, kemudian perangkat desa itu sebagai penyambung level kebijakan ke praktisi, terakhir adalah operator,” jelasnya.

Dalam program ini, Pemkab Bogor menentukan 40 desa untuk ikut serta. Desa tersebut akan menjadi pilot project yang kemudian menyebar ke semua desa yang ada di Kabupaten Bogor.

“Sistem pembelajarannya ada yang online dan offline. Kalau Offline seperti survei, pemetaan, dan lainnya, tapi ini ini lebih ke kapasitas praktik langsung, kemungkinan lebih besar praktik,” kata Renaldi.

“Ini berjalan selama tiga bulan ya. Mulai hari ini sampai Desember mendatang,” tandas Renaldi.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *