Tekan Peredaran Narkoba di Kota Bogor, Polresta Bogor Kota Dirikan Kampung Tangguh Anti Narkoba

  • Whatsapp

BOGOR, Ceklissatu.com -Untuk mewujudkan masyarakat yang jauh dari penyalahgunaan dan peredaran narkoba dibutuhkan kepedulian dan peranan dari berbagai unsur, baik pemerintah, swasta, maupun organisasi kemasyarakatan lainnya.

Oleh sebab itu, Satuan Narkoba Polresta Bogor Kota mencanangkan Kampung Tangguh Anti Narkoba, tepatnya di wilayah RW 01, Kelurahan Cikaret, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor. Hal itu dilakukan sebagai salah satu langkah melindungi dan meyelamatkan masyarakat dari bahaya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

Kasubsi Penmas Sie Humas Polresta Bogor Kota, Iptu Rachmat Gumilar menuturkan terpilihnya RW 01 Kelurahan Cikaret lantaran, berdasarkan hasil catatan dan analisa dari Satnarkoba Polresta Bogor Kota lokasi itu rawan peredaran narkoba. Sehingga, lokasinya dipilih untuk menjadi percontohan Kampung Tangguh Anti Narkoba pertama di Kota Bogor.

“Ini merupakan program dari Mabes Polri pembentukan Kampung Tangguh Anti Narkoba. Berdasarkan analisa dan data dari Polresta Bogor Kota bahwa Kelurahan Cikaret rawan peredaran narkoba kemudian kami mengambil lokasi di RW 01,” kata Rachmat, Minggu (12/9/2021).

Selain itu, di RW 01 Kelurahan Cikaret tersebut banyak terdapat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang dapat dimanfaatkan para warga yang sudah menjalani masa rehabilitasi atau proses hukum yang akan diarahkan untuk berkegiatan lebih positif di lingkungannya.

Rachmat menegaskannya, pihaknya akan melakukan pendapingan dan pengawasan terhadap mereka yang sempat terjerumus atau terjerat penyalahgunnaan narkoba. Sehingga, diharapkan Kampung Tangguh Anti Narkoba ini bisa menangkal peredaran narkoba di lingkungan masyarakat.

“Kita juga akan berikan pendampingan sampai mereka benar-benar tidak terjerumus narkoba lagi. Termasuk menyiapkan petugas piket 24 jam agar tidak disusupi bandar. Kita selalu mengawasi di sini, bekerjasama dengan Kelurahan, RT/RW,” jelasnya.

 

Lebih lanjut, sebelum terbentuknya Kampung Tangguh Anti Narkoba sambung Rachmat. Pihaknya sudah melakukan sosialisasi, dan penyuluhan narkoba di kelurahan tersebut yang diikuti semua elemen masyarakat, pemuda-pemudi, terutama mereka yang sudah terpapar narkoba

Melalui Kampung Tangguh Anti Narkoba diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk melakukan upaya-upaya dalam rangka menunjang kegiatan pencegahan, pemberantasan, penyalagunaan, dan peredaran gelap narkoba. Sehingga dapat mendukung program Mabes Polri dalam mewujudkan kawasan bersih narkoba.

Sementara itu, Ketua RW 01 Kelurahan Cikaret, M Hasan mendukung penuh program dari Mabes Polri tersebut. Kata Hasan, agar kampungnya terbebas dari peredaran narkoba. Sebab, banyak laporan dari warga terkait penyalahgunaan narkoba.

“Sangat mendukung dan Alhamdulillah kami merasa terbantu dengan adanya Kampung Tangguh Anti Narkoba ini. Kita juga nanti akan menyiapkan sejumlah fasilitas olahraga disini agar warga beraktivitas yang lebih bermanfaat,” tambah Hasan.

Hal serupa juga diungkapkan Ketua Pemuda RW 01 Kelurahan Cikaret, Nuryadin yang turut mengucapkan terimakasihnya lantaran, kampungnya terpilih sebagai Kampung Tanggung Anti Narkoba. Pihaknya juga akan turut andil dengan mengisi kegiatan kerohanian.

“Faktanya saya tidak menghilangkan bahwa kampung kami sangat rawan, bahkan bukan hanya di RW 01 tapi di Kelurahan Cikaret. Maka kami ucapkan terimakasih ke Kapolresta, dan pak Kasat Narkoba atas terpilihnya kampung kami ini sebagai Kampung Tangguh Anti Narkoba. Intinya kami akan banyakan kegiatan positif dan mantan pelaku agar insaf dan tobat,” pungkas Nuryadin.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *