Taman Gesneriaceae Yang Indah, Namun Jarang Dikunjungi Wisatawan

  • Whatsapp

CIBODAS, Ceklissatu.com – Taman Gesneriaceae,  yang ada di Kebun Raya Cibodas (KRC), merupakan salah satu taman tematik, yang menampung ratusan koleksi tumbuhan bunga dari suku Gesneriaceae, namun sayangnya taman tersebut jarang dikunjungi oleh wisatawan.

Humas Kebun Raya Cibodas, Trisno Utomo, menjelaskan, taman Gesneriaceae dibuat pada 2009 lalu, tujuannya untuk melestarikan, mempromosikan, dan meningkatkan pemanfaatan tumbuhan dari suku gesneriaceae, khususnya tanaman yang berasal dari kawasan Indonesia.

Bacaan Lainnya

Luas taman tersebut sekitar 1000 meter, dan mampu menampung sekitar 500 specimen tanaman gesneriaceae,  pada umumnya tanaman ini dimanfaatkan sebagai tanaman hias karena memiliki bunga yang indah, ada sekitar 300 jenis bunga gesneriaceae yang telah dibudidayakan dan menghasilkan banyak silangan dan kultivar.

Sebagian besar tanaman hias ini berasal dari Amerika Selatan, dan baru sedikit jenis Gesneriaceae yang berasal dari kawasan Wallacea atau Malesiana (yaitu kawasan yang meliputi Indonesia, Malaysia, Papua Nugini dan Kepulauan Salomon) yang dibudidayakan.

 

 

Menurut Trisno, di seluruh dunia terdapat 2900 jenis tanaman bunga Gesneriacea, dan 379 jenis diantaranya ada di Indonesia,  diperkirakan masih banyak jenis baru yang akan dideskripsi. Oleh sebab itu taman Gesneriacea yang ada di Kebun Raya Cibodas, lebih diarahkan untuk pengoleksian dan pengembangan jenis-jenis Gesneriacea.

Namun, sayangnya, kata Trisno, jarang ada pengunjung baik wisatawan local maupun wisatawan asing yang tertarik untuk melihat taman Gesneriaceae, mungkin karena lokasi taman tersebut kurang strategis, karena berada di belakang kantor Kebun Raya Cibodas. Padahal tanaman tersebut selalu berbunga tanpa mengenal musim.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *