Sosialisasi Satgas Masih Minim, Banyak Lansia Tak Mau Divaksin

  • Whatsapp

BOGOR, Ceklissatu.com – Sosialisasi vaksinasi yang dilakukan Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor nampaknya belum maksimal. Sebab, masih banyak masyarakat lansia yang tidak bersedia untuk divaksin.

Berdasarkan data tim Satgas, capaian vaksinasi lansia itu masih di bawah 20 persen. Dari total 277 ribu sasaran, baru 111 ribu di antaranya yang telah terealisasi.

Bacaan Lainnya

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor, Agus Fauzi mengklaim jika minimnya vaksinasi lansia disebabkan banyaknya komorbit atau penyakit bawaan yang diderita oleh lansia tersebut.

“Jadi dari pengalaman sebelumnya, banyak lansia ini mempunyai komorbit seperti jantung, hipertensi dan beberapa yang lainnya. Dari komorbit itu menjadi pertimbangan lansia untuk ikut divaksin,” kata Agus, Jumat (8/10/21).

Selain komorbit, Agus juga menjelaskan faktor lainnya yang menghambat vaksinasi kepada lansia adalah jarak tempuh lokasi vaksinasi massal dan pemukiman warga. Karena, tak sedikit di antara mereka yang tinggal di wilayah yang tak terjangkau oleh kendaraan.

“Ini juga menjadi persoalan yang harus diselesaikan. Karena ada warga yang harus berjalan kaki kiloan meter ke sentra vaksin. Karena kalau bisa terjangkau oleh kendaraan kita memiliki mobil vaksin,” ungkap Agus.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *