Skema PPPK Belum Mampu Tutupi Kekurangan Guru PNS di Kabupaten Bogor

Ilustrasi guru (Ist)

BOGOR, Ceklissatu.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, belum mampu menutupi kekurangan guru berstatus PNS meski setiap tahun merekrut tenaga baru melalui skema
Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor Juanda Dimansyah mengatakan, setiap tahunnya guru PNS terus berkurang lantaran memasuki masa pensiun.

Bacaan Lainnya

Sedangkan jumlah siswa setiap tahun terus bertambah, sehingga dengan jumlah guru saat ini masih belum cukup ideal untuk menutupi kebutuhan yang ada.

“Untuk SD saja kita punya 1.539 sekolah sedangkan SMP ada 110. Sedangkan jumlah guru yang berstatus PNS sekitar 7.000an dan itu ada sudah memasuki masa pensiun,” kata Juanda, Rabu (29/12/21).

Sejak 2019 hingga 2021 Pemkab Bogor telah merekrut 2.431 PPPK. Dimana pada 2019 ada 1.112 orang yang diangkat menjadi guru PPPK, lalu pada 2021 ada 1.319 orang. Dengan angka tersebut, Juanda berharap dapat menutupi kekurangan guru yang ada.

“Kalau ngomong ideal yah memang belum ideal. Tapi kita ingin menutupi kebutuhan yang ada dengan guru PPPK ini. Karena selain guru PPPK kita juga masih ada guru honorer yang lainnya,” tuturnya.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *