Siap siap Jual Telur tak Layak Konsumsi Bakal Diciduk Polisi

  • Whatsapp

BOGOR, Ceklissatu.com— Meksipun kabar peredaran telur yang disinyalir tidak layak beredar disejumlah pasar di Kabupaten Bogor belum sampai ke telinga Kapolres Bogor AKBP Harun dari anak buahnya, namun dirinya akan menindaklanjuti hal itu jika memang telur hatched egg (HE) beredar bebas di sejumlah Pasar di Kabupaten Bogor.

Diungkapkan Kapolres Bogor AKBP Harun mengatakan, sejauh ini dirinya belum mendapatkan laporan terkait peredaran telur tidak layak konsumsi, namun dirinya akan segera menanyakan hal itu ke pada anggotanya, dan jika itu memang ada dan terjadi akan ditindaklanjuti secara hukum.

Bacaan Lainnya

“Belum ada laporan, nanti saya tanyakan ke staf saya, kalo ada pasti di tindak lanjuti, karena ini kan masuk undang-undang konsumen ya,” ungkapnya saat dikonfirmasi Minggu (31/10/2021).

Kapolres Bogor lebih lanjut, mengatakan pihaknya akan melakukan penyelidikan terlebih dahulu, dan akan melibatkan Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk mengusut kasus peredaran telur yang tidak layak konsumsi.

“Nanti kita akan bekerjasama dengan dinas kesehatan ya,” singkatnya.

Untuk diketahui larangan menjual telur HE diatur dalam Permentan Nomor 32 Tahun 2017 tentang Penyediaan, Peredaran dan Pengawasan Ayam Ras dan Telur Konsumsi. Dalam Pasal 62 ayat (1)jo pasal 8 ayat (2) uu ri nomor 8 tahun 1999 berbunyi, Pelaku usaha yang melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8, Pasal 9, Pasal 10, Pasal 13 ayat (2), Pasal 15, Pasal 17 ayat (1) huruf a, huruf b, huruf c,huruf e, ayat (2) dan Pasal 18 dipidana dengan pidana penjara paling lama lima tahun atau pidana denda paling banyak Rp 2 miliar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *