Sekelompok Pemuda Genabung Pilih Desa Tertinggal di Kabupaten Bogor Untuk Salurkan Hewan Kurbannya

  • Whatsapp

BOGOR, Ceklissatu.com– Di hari raya Idul adha 1442 Hijriah 2021 Masehi Sekelompok pemuda yang menamai komunitasnya dengan Gerakan Nasi Bungkus (Genabung) melakukan aksi sosial dengan cara ber kurban di pelosok desa yang ada di Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor.

Melalui program kurban untuk Pelosok Desa 2021, Genabung targetkan 500 penerima yang didistribusikan secara door to door selain itu juga mengemas daging kurban yang telah potong potong mengunakan bongsang.

Bacaan Lainnya

Ketua Genabung Fatimah Zahra mengatakan, dipilihnya Desa Wirajaya dalam program ini lantaran wilayah tersebut masih tergolong daerah tertinggal di Kabupaten Bogor.

“Ini merupakan yang kedua kalinya setelah tahun 2020 lalu, kegiatan serupa juga kami lakukan di Parung Panjang, Bogor,” ujarnya di sela-sela kegiatan kurban.

Zahra merincikan, sebanyak 3 sapi, 5 kambing dan 4 domba di kurbankan dalam kegiatan kali ini. Melibatkan warga dalam pemotongan dan pendistribusiannya, titik penyaluran dilakukan di Kampung Cibentang, Desa Wirajaya.

Genabung sendiri memiliki kriteria penerima kurban yakni, belum pernah berkurban sebelumnya, segi ekonomi masyarakat menengah ke bawah dan lanjut usia (lansia).

“Mekanismenya diantarkan ke rumah-rumah penerima yang didominasi dengan dibantu pengurus RW,” jelas Zahra.

Genabung atau Gerakan Nasi Bungkus adalah komunitas peduli sosial yang dibentuk pada 2018, dengan misi rutin melakukan kegiatan sosial yang dapat dilakukan sehari-hari, salah satunya dengan memberikan nasi bungkus ke Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di jalanan.

Seiring waktu, banyak kenalan komunitas lain alhasil kita membuat program-program inovasi salah satunya pemeriksaan kesehatan, kurban dan kegiatan sosial lain,” kata Zahra.

Di tempat yang sama, salah satu warga setempat Muslim mengucapkan rasa syukurnya atas kegiatan Genabung yang mau memberikan bantuan qurban ke wilayahnya.

Muslim yang juga menjabat sebagai Kepala Seksi Kesejahteraan Desa (Kasi Kesra) Wirajaya mengaku ini merupakan yang pertama kalinya dilakukan di desanya.

“Panitia dari Genabung dan dari warga melibatkan tiga orang tiap RT untuk disalurkan, diantar langsung ke rumah-rumah penerima,” tutur Muslim.

Selain memudahkan warga, mekanisme pendistribusian dilakukan door to door untuk menghindari kerumunan di masa pandemi Covid-19 ini.

“Kami bersyukur warga bisa mendapatkan qurban, Genabung yang mau menyisihkan hartanya untuk berqurban di desa kami,” pungkasnya.

Editor : Ayatullah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *