Satpol PP Kembali Tertibkan PKL Bandel di Jalan Ring Road dan Area Taman Kota Daan Mogot

JAKARTA, Ceklissatu.com – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpo PP) Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat, kembali menertibkan pedagang kaki lima (PKL) di trotoar Jalan Ring Road ( Lingkar Luar Barat) Cengkareng.

Penertiban berlangsung pada pukul 14.00 WIB. Petugas menyisir kawasan yang kerap disebut pasar maling di Cengkareng Timur. Dalam penertiban tersebut para pedangang sempat kocar kacir setelah adanya puluhan petugas Satpol PP dengan menggunakan sebuah mobil operasional meski barang dagangannya belum diangkut.

Bacaan Lainnya

Koordinator Lapangan Satpol PP Kecamatan Cengkareng Jakarta Barat Zamal mengatakan, operasi penertiban PKL teraebut akan terus dilakukan diseluruh Kecamatan Cengkareng, kerena PKL yang berjualan diatas trotoar dan taman kota dianggap mengganggu ketertiban umum.

“Penertiban PKL ini akan terus dilakukan karena perintah pimpinan. Ini pun baru sifatnya imbauan, kalau mereka (PKL) tetap membandel berjualan di trotoar dan taman kota barang dagangannya akan kami angkut,” ujar Zamal, Selasa (18/2/2020).

Penertiban PKL, kata Zamal, PKL yang ditertibakan bukan hanya di ruas jalan Ring Road Cengkareng Timur saja, Senin (17/2/2020) kemarin pihak Satpol PP juga menertibkan PKL yang berjualan di area taman kota sepanjang Jalan Daan Mogot, mulai dari Jembatan Gantung hingga Jembatan Baru Rawa Buaya Cengkareng.

“Yang kami tertibkan bukan PKL yang berjualan di trotoar Jl. Ring Road Cengkareng Timur saja, kemarin Senin kami juga menertipkan paran PKL yang berjualan di Taman Kota Jl. Daan Mogot. Kata Zamal.

Kasmin salah satu pedagang mengungkapkan, penertiban yang dilakukan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat dinilai gak memiihak orang kecil. Karena ia menganggap berjalan tidak menggangu ketertiban umum.

“Pemkot Jakarta Barat saya anggap nyekek orang kecil. Kami jualan di taman kosong yang gak berfungsi. Kan gak ganggu orang umum,” sesal Kasmin.

Sementara Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kecamatan Cengkareng Kota Administrasi Jakarta Barat, Asromadian menjelaskan, dipastikan penertiban terhadap PKL yang nekat berjualan di trotoar dan area taman kota akan terus dilakukan karena mereka melanggar Peratuaran Daerah (Perda) Momor 8 Tahun 2007 tentang ketertiban umum.

“Ya pasti PKL yang nekat berjualan di aset Pemda, yakni trotar dan taman kota akan kami tertibkan. Karena sesuai aturan Perda 8 Tahun 2007 tentang keteriban umum,” jelas Kasarpol PP Asromadian.

Penulis : Johnit Sumbito

Editor : Edwin Suwandana

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *