Sarana Air Bersih Dibangun di Desa Jambuluwuk, Warga : Selama ini Kami Menggunakan Air yang Tak Layak

  • Whatsapp
Pembangunan SAB desa Jambuluwuk (asep/ceklissatu)

BOGOR, CEKLISSATU – Pembangunan Sarana air bersih ( SAB) yang diperuntukan bagi masyarakat Desa Jambuluwuk Kecamatan Ciawi, menelan anggaran 131 juta rupiah, yang bersumber dari Dana desa (DD) tahun anggaran 2021.

Adapun mekanismenya adalah dengan membuat bak penampungan di lingkungan SMPN 3 Ciawi, lalu dialirkan menggunakan pipa sepanjang 300 meter ke pemukiman penduduk. Direncanakan pembangunan tersebut akan selesai pada akhir Januari tahun 2022.

Bacaan Lainnya

Ketua Tim pelaksana Kegiatan (TPK) Ahmad mengatakan, sedikitnya ada 50 Kepala Keluarga yang bakal menikmati air bersih, jika pekerjaan itu selesai.

“Untuk instalasi ke masing-masing rumah adalah tanggung jawab warga, pemdes hanya mengalirkan air bersih sampai pinggir jalan saja,” jelas Ahmad, Rabu (5/02/22).

Dia juga mengatakan, untuk perawatan nantinya akan dilakukan oleh pemuda, yang tergabung dalam Karang Taruna Desa Jambuluwuk.

“Mungkin akan ada biaya perawatan, dan pemuda akan melakukan perawatan instalasi air tersebut,”ungkap dia.

Terpisah, Warga calon penerima manfaat SAB itu, Ade Rahmat mengaku sangat terbantu, karena selama ini masyarakat harus rela menggunakan air pera yang berwarna kuning, dan tak layak konsumsi.

“Ini memang dinantikan oleh warga, karena selama ini air bersih memang jadi permasalahan warga,”tutup dia.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *