Samisade Bikin Warga di Desa Cicadas Kini Tidur Nyenyak

  • Whatsapp

BOGOR, Ceklissatu.com- Sepuluh tahun dihantui rasa was was akan bencana longsor, akhirnya warga di Kampung Cicadas RT 04 RW 01 kini sudah tidak khawatir lagi. Pasalnya tebingan yang setinggi 8 Meter itu kini telah dibangun dengan menggunakan dana Satu miliar satu desa (Samisade) bantuan dari Pemkab Bogor.

Seperti diungkapkan Kepala Desa Cicadas Ujang Yani mengatakan tebingan itu memang mengancam keselamatan warga di RT 04 ini karena Sekitar ada 10 rumah yang berada dekat dengan tebing di bawahnya aliran sungai.

Bacaan Lainnya

Sehingga untuk mengantisipasi bencana longsor yang lebih besar, pemerintah desa mengalokasikan dana Samisade tahap pertama ini yang nominalnya mencapai Rp 400 juta ini untuk pembangunan Tebingan Penahan Tanah (TPT) dengan Panjang Panjang TPT itu 86 Meter, L 1,0 Meter dan Tinggi 8 meter.

“Sudah sekian tahun warga meminta untuk dibangun karena takut bencana, Alhamdulillah dengan bantuan Samisade ini bisa tercapai, dan ini benar-benar bermanfaat untuk masyarakat,”kata Kades Cicadas Ujang Yani.

Ujang mengatakan untuk pengerjaan TPT ini pihak desa melibatkan masyarakat sekitar kurang lebih ada sekitar 30 orang yang dikaryakan.

“Untuk pengerjaannya kita libatkan masyarakat dan RT RW selain pembangunan juga dapat terlaksana, Samisade ini juga mengurangi pengangguran di saat kondisi pandemi saat ini,”katanya.

Lebih lanjut setelah Samisade tahap pertama ini selesai, untuk tahap keduanya pihak desa akan mengalokasikan untuk pembangunan infrastruktur.

Sementara menurut warga bernama Sutinah (45) yang rumahnya hanya berjarak 1 meter dengan aliran sungai itu mengatakan selama 10 tahun ketika malam hari apalagi ketika turun hujan tidur pun terasa tidak nyenyak dan nyaman. Rasa khawatir selalu terbanyak dalam pikiran ketika terjadi longsor nyawa bisa hilang tergerus longsor.

“Kalau malam apalagi ketika turun hujan gak bisa tidur nyenyak takut longsor aja, solanya sudah beberapa terjadi longsor kecil, tapi Alhamdulillah dengan begini sudah di TPT tidak was was lagi,”pungkasnya.

Editor : Ayatullah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *