Rudy Susmanto Dipercaya Pimpin Asosiasi DPRD Kabupaten Seluruh Indonesia

BOGOR, Ceklissatu.com – Rudy Susmanto, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bogor terpilih sebagai Ketua DPRD Kabupaten Seluruh Indonesia (ADKASI) Tingkat Provinsi Jawa Barat, dalam forum silaturahim DPRD dari 18 kabupaten se-wilayah Jawa Barat, di Bandung, Kamis (10/9/2020).

Rudy mengatakan, ada dua hal strategis yang akan menjadi fokus kerja ADKASI Jawa Barat dalam beberapa tahun ke depan.

Bacaan Lainnya

Diantaranya, kata Rudy, menyamakan persepsi jika Kebijakan Umum Anggaran dan Priorotas Plafon Anggaran Sementar (KUA- PPAS) untuk APBD 2021 dan APBD 2021 harus fokus pada percepatan pertumbuhan ekonomi.

“Sejak pandemi Covid -19, hampir sebagian aktivitas perekonomian tertekan. Makanya, di APBD 2021 itu, semua anggaran harus lebih difokuskan untuk program pemulihan ekonomi daerah, semisalnya membantu pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mendorong daya beli masyarakat,” ujar politisi Gerindra itu.

Ia menambahkan, ADKASI juga akan mendorong perlindungan petani dan nelayan agar masuk dalam Program Pembentukan Peraturan Daerah (Promperda) di masing-masing kabupaten se-Provinsi Jawa Barat.

Sebab, kata Rudy, keberadaaan Perda Perlindungan Petani dan Nelayan di masing-masing kabupaten akan membawa pada peningkatan derajat kehidupan kaum petani, nelayan, pembudidaya ikan, dan petambak garam

Sehingga hal itu bisa mengurangi angka kemiskinan petani dan nelayan, petambak, apalagi hampir sekitar 45 persen dari penduduk Jawa Barat melakoni profesi tersebut.

“Perda perlindungan petani dan nelayan akan menjadi payung hukum bagi pemerintah untuk membantu petani dan nelayan menghadapi permasalahan kesulitan memperoleh prasarana dan sarana produksi, ketersediaan lahan, kepastian usaha, risiko harga, kegagalan panen, praktik ekonomi biaya tinggi dan perubahan iklim,” tegasnya.

Penulis: Teguh walinsa
Editor: Ramdhan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *