Ribuan Pelajar Tunjukan Bakat Beladiri di Kejuaraan Pencak Silat Piala Danrem Cup

  • Whatsapp

BOGOR, Ceklissatu.com – Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Bogor bersama Korem 061/Suryakancana menggelar event besar bertajuk Kejuaraan Pencak Silat Pelajar. Para peserta yang mengikuti kejuaraan pencak silat itu memperebutkan Piala Danrem 061 Cup ke VIII Tahun 2021.

Kejuaraan Pencak Silat ini pun di apresiasi langsung oleh Danrem 061/Suryakancana Brigjen TNI Achmad Fauzi. Menurutnya, kegiatan yang digelar IPSI bersama Korem ini merupakan sinergitas dan juga kerja sama yang baik.

“Saya sangat apresiasi penyelenggaraan kejuaraan ini, dimana ini merupakan kerjasama yang sangat baik antara IPSI Kota Bogor dengan jajaran kami (Korem 061/SK). Kegiatan ini pun tentunya dengan protokol kesehatan (prokes) yang ketat,” kata Brigjen Achmad Fauzi, Sabtu (23/10/2021).

Ia juga berharap, kejuaraan Danrem Cup ini dapat memberikan dampak yang besar bagi seni beladiri pencak silat di Kota Bogor. “Ya, harapan saya event kejuaraan ini dapat memberikan dampak yang baik terhadap seni beladiri pencak silat, dan juga menjadikan para atlet beladiri yang tangguh dan dapat berprestasi di ajang yang lebih besar,” harapnya.

Sementara itu, Ketua IPSI Kota Bogor, Subono Widoyo menuturkan, kejuaraan pencak silat ini sebagai ajang silaturahmi sekaligus meningkatkan bakat pelajar di bidang seni beladiri Pencak Silat.

“Kejuaraan pencak silat ini tidak hanya unsur pelajar Kota Bogor. Tetapi, melibatkan pelajar dari Kabupaten Bogor, Kabupaten/Kota Sukabumi, Kabupaten Cianjur, dan Kota Depok,” ujarnya.

Lanjut Subono, di ajang kejuaraan ini dikuti sekitar 1200 atlet dan juga kurang lebih 60 Paguron atau sekolah. ” Tentunya kejuaraan Pencak Silat ini dengan tetap menjaga protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Alhamdulillah dihadiri juga oleh jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, DPRD Kota Bogor, dan Jajaran Polresta Bogor Kota,” katanya.

“Yang menjadi peserta mulai dari pelajar tingkat SD, SMP dan SMA. Kemudian para peserta yang mendaftar khususnya kategori pelajar SMP dan SMA diwajibkan melampirkan hasil swab antigen dan sertifikat vaksin, begitu pun panitia dan tamu undangan diwajibkan PCR,” tambah Bono.

Ditempat yang sama Humas IPSI Kota Bogor, Muhammad Hafiizh Ramanda Siregar, yang akrab disapa Ki Wulung Tunggal menyampaikan, kejuaraan Danrem 061 Cup tahun ini merupakan salah satu bentuk sinergi positif antara Danrem 061/Suryakancana dan IPSI Kota Bogor.”

“Ya ini bentuk kegiatan sinergi positif, dimana bertujuan untuk meningkatkan kualitas mental para atlet pencak silat untuk menjadi petarung yang berjiwa ksatria, dengan akhlak mulia untuk NKRI tercinta,” kata Ki Wulung.

Lanjut Ki Wulung, saat ini peserta yang hadir dari berbagai wilayah terdiri dari 60 kontingen sekolah dan paguron pencak silat, dari wilayah Bali, Jateng, Lampung, DKI dan Jabar.

“Dan untuk tingkatan sekolah dari mulai SD, SMP dan SMA yang menjadi persertanya dengan sistem pemasalan dan prestasi. Target kami agar event ini bisa mencetak atlet-atlet terbaik, serta kami berharap even ini bisa menjadi contoh positif, pelaksanaan event dalam situasi pandemi,” tutup Ki Wulung.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *