Ribuan Jenis Bambu di Dunia, 18 Bambu Ada di Wilayah Rumpin

  • Whatsapp

BOGOR Ceklissatu.com–Rumpin selain terkenal dengan sejarah, bahkan sisi sosial akibat dampak galian, disana Juga terdapat berbagai jenis bambu dari 1.250 jenis bambu tersebar di seluruh dunia 18 jenis bambu di antaranya terdapat di Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor.

Banyak jenis bambu paling banyak dimanfaatkan masyarakat rumpin. Salah satunya, jenis bambu hitam, bambu tali, bambu bitung, bambu haur, bambu mayan dan bambu andong.

Bacaan Lainnya

Untuk jenis bambu tali dan andong, sebagian besar masyarakat rumpin, memanfaatkan bambu tersebut untuk pembuatan rumah dan gubug, yang hampir ditemukan disetiap ladang atau pos siskamling. Berbeda halnya dengan bambu hitam dan bambu bitung, kedua jenis ini paling banyak untuk dijadikan bahan baku pembuatan gazebo dan saung-saung lesehan serta menjadi bahan baku dasar pembuatan kursi dan meja.

“Para pengerajin biasanya memanpaatkan bambu jenis lainnya, untuk kerajinan tangan, seperti tusuk sate, tusuk cilor, pembuatan ancak (tempat oncom), anyaman bilik, pengki, serta keperluan lainnya,’’kata warga Kampung Rumpin Dalam Rendi.

Biasanya para pengerajin tusuk sate dan pengerajin ancak itu, bisa dijumpai di beberapa desa di Kecamatan Rumpin. Salah satunya, Desa Rumpin, Sukasari, Mekarsari, Kertajaya dan Desa Tamansari. Di wilayah Rumpin sendiri, para pengerajin sudah ada sejak puluhan tahu lalu. Biasanya, para pengerajin menjual hasil kerajinannya ke kepengepul untuk distribusikan kembali kepasar-pasar tradisional di sekitaran Jakarta, Depok, Bogor dan Bekasi.

Rendi mengaku, sejak tahun 1960 masyarakat rumpin hampir sebagian besar memanfaatkan aliran Kali Cisadane sebagai jalur tranfortasi perdagangan, dengan menggunakan rakit bambu atau warga rumpin menyebutnya getek, untuk menuju Jakarta.

“Dari hasil para petani, aliran Kali Cisadane masa itu, memang sangat mudah untuk menuju Jakarta. Karena aliran kali ini, mengalir hingga ke disekitaran tanggerang dan Jakarta,’’ucap Rendi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *