Rengginang Makanan Tradisional yang Tetap Disukai

  • Whatsapp

BOGOR, Ceklisaatu.com – Rengginang makanan tradisional Indonesia, yang masih bertahan hingga saat ini,  dan  banyak disukai masyarakat, karena rasanya yang gurih dan renyah.

Rengginang merupakan sejenis kerupuk, yang terbuat dari bahan beras ketan, selain sebagai camilan, rengginang juga biasa dijadikan oleh-oleh.

Bacaan Lainnya

Salah satu home industri
yang masih produktif membuat rengginang, adalah home industri milik ibu Wahyoe, di Perum Cluster Puri Karadenan, di Kelurahan Karadenan, Kecamatan Cibinong. Kabupaten Bogor.

Ibu Wahyoe mengatakan, usaha pembuatan  rengginang ini berawal pada 1980, yang pertamakali memproduksi adalah ayah mertuanya, Wahyoe Cipto.

“Dulunya, mertua saya, Wahyoe Cipto,  adalah tengkulak rengginang, dia menampung rengginang dari masyarakat  di daerah Magelang, Jawa Tengah, dan dijual  ke daerah Jakarta. Namun pada 1980, mertua saya mulai membuat rengginang sendiri, yang dia beri nama rengginang Rengganis” tutur ibu Wahyu.

Lantas, pada 2008, usaha pembuatan rengginang Rengganis yang  dijalankan oleh Wahyoe Cipto, diserahkan kepada kedua anak laki-lakinya, yaitu Yohanes Vilino Wahyoe Andriatmoko, dan Paulus Ricky, untuk dikelola. Kemudian kedua anaknya menjalankan usaha tersebut  di rumahnya masing masing.

“Setelah suami saya, Yohanes Vilino Wahyoe Andriatmoko meninggal pada Januari 2020 lalu, produksi pembuatan rengginang tetap saya lanjutkan. Apalagi di masa sulit akibat pandemi Corona ini, kita hanya perlu bertahan, karena buat saya, usaha ini  untuk kelangsungan hidup saya dan anak saya,” tutur ibu Wahyoe.

Menurut ibu Wahyu, produksi rengginang setiap harinya menghabiskan 30 kg beras ketan, dan 8-10 liter minyak goreng kwalitas bagus yang harganya Rp. 28.000 per liter.

Rengginang Rengganis terdiri atas 3 varian rasa, yaitu rasa asin, manis dan manis wijen. Satu bungkus rengginang isi 8, dijual dengan harga Rp. 14.000.

Rengginang Rengganis ini di pasarkan  ke toko kue, warung makan, dan toko oleh- oleh yang ada di wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *