Puskemas Curug Bikin Inovasi Kebun Toga Petruk

  • Whatsapp

BOGOR, Ceklissatu.com–Dimasa Pandemi covid-19 banyak masyarakat yang takut untuk cek berobat ke puskesmas, namun untuk menghilangkan rasa takut dan memanjakan warga yang ingin berobat.

Puskemas Curug, Kecamatan Jasinga Kabupaten Bogor berinisiatif membuat luncuran inovasi baru yaitu tanaman keluarga (TOGA).

Bacaan Lainnya

Dengan memanfaatkan tanaman yang ada disekitar atau di lingkungan warga bisa untuk obat keluarga, pasien bisa memanfaatkan tanaman obat herbal yang ditanam oleh pihak Puskemas.

Kepala Puskesmas Curug Alih Yuliadi mengatakan, dengan adanya inovasi baru ini yang disebut tanaman keluarga atau bisa disebut oleh kami (Petruk) yang artinya permanfaaat Tanaman tradisional untuk kesehatan,

“Justru ini akan menjadi pengganti obat-obatan pabrikan (farmasi). kita kelola dulu yang ada di masyarakat untuk dijadikan obat-obatan keluarga Seperti jahe lengkuas, talas Belitung dan lidah buaya”kata Alih Yuliadi.

Selain itu juga Alih mengatakan, pihak Puskemas juga mensosialisasikan ke masyarakat cara penggunaannya seperti apa dan kita juga merangkul kader posyandu untuk bisa membantu memaparkan Inovasi ini di lingkunganya.

“Dengan adanya sosialisasi dan Inovosi ini. masyarakat bisa memanfaatkan tanaman apotek hidup yang ada di halaman rumah masing masing sebelum berobat ke puskesmas,”katanya.

Sementara itu Dendi Nugraha, Kordinator program Obat Tradisional (BATRA), Inovasi pengobatan tradisional ini baik di gunakan dan mudah untuk di konsumsi.

“Dan tidak susah di cari di rumah halaman pemukiman warga masyarakat, setempat yang artinya bisa di gunakan dan di manfaatkan dengan baik,”katanya.

Editor: Ayatullah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *