Puncak Padat, Petugas Berlakukan One Way

  • Whatsapp
Kondisi arus lalu lintas saat penerapan pola satu arah atau one way, di Simpang Gadog, Kabupaten Bogor, Sabtu (11/9/2021). Foto: Wulan

BOGOR, Ceklissatu.com – Pada pekan kedua, pemberlakukan uji coba ganjil genap jalur Puncak, di masa perpanjangan PPKM Level 3. Mobilitas masyarakat atau wisatawan terpantau arus lalu lintas padat, Sabtu (11/9/2021).

Oleh sebab itu, Polres Bogor memberlakukan sistem satu arah (one way) arah ke bawah atau dari arah Puncak menuju Jakarta selama 2,5 jam. Lantaran, volume kendaraan di Kawasan Puncak melebihi 50 persen.

Bacaan Lainnya

Kasatlantas Polres Bogor, AKP Dicky Anggi Pranata mengatakan, arus lalu lintas pada Sabtu siang volume kendaraan cukup padat dan aktivitas masyarakat di kawasan Pucak sudah melebihi dari ketentuan 50 persen.

“Karena sudah 50 persen, jadi kita lakukan one way kendaraan ke bawah untuk menahan kendaraan dari arah Jakarta/Bogor untuk tidak naik. Kami memang berusaha bagaimana menghindari adanya kerumunan ataupun kemacetan karena ini merupakan potensi potensi penularan baru,” kata Dicky kepada ceklissatu.com, di Simpang Gadog, Sabtu sore (11/9/2021).

Sistem satu arah (one way) mulai diberlakukan sejak pukul 12.30 hingga pukul 15.00 WIB, Sabtu (11/9/2021). Kendaraan mengarah Jakarta/Bogor menuju Puncak disekat di KM 46 Tol Jagorawi dan Simpang Gadog.

Langkah itu diambil sesuai dengan instruksi Imendagri tentang batas maksimal jalur wisata pada PPKM Level 3, yakni 50 persen.Yang dimana artinya, kata Dicky, ada kemacetan di Kawasan Puncak dan untuk mengurai itu maka pihaknya menerapkan pola satu arah (one way) dan untuk sementara waktu ganjil genap dihentikan (situsional) ketika pemberlakuan one way.

“Ketika sudah 50 persen kita bisa menutup jalur ini untuk melakukan pengurasan kendaraan. Jadi intinya jangan sampai ada kemacetan di atas (Puncak),” ungkapnya.

Kendati demikian, volume kendaraan hingga Sabtu sore lebih rendah jika dibandingkan dengan Sabtu pekan lalu. Menurutnya, saat ini masyarakat sudah mengetahui kebijakan ganjil genap Puncak.

“Sore hari ini dimana pada pelaksanaan hari kedua uji coba ganjil genap jalur Puncak Alhamdulillah terpantau terkendali dan kondusif. Mungkin karena kita gencar memberikan informasi secara masif selain itu juga, penindak-penindakan yang kita lakukan kepada masyarakat yang berusaha mengelabui tentunya berdampak kepada penurunan arus ini,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *