Puluhan Transgender di Kota Banjar Ajukan Permohonan KTP

  • Whatsapp

BANJAR,Ceklissatu.com-Dinas Dukcapil (Kependudukan dan Catatan Sipil) Kota Banjar, Jawa Barat mencatat, hingga Jumat (15/10/21) ini sudah lebih dari 40 permohonan pembuatan KTP (Kartu Tanda Penduduk) mereka yang dengan status transgender. Kepala Dukcapil Kota Banjar mengatakan, pengajuan pembuatan KTP transgender di Kota Banjar, dilakukan oleh beberapa komunitas. Bahkan beberapa hari lalu, komunitas transgender berbondong- bondong mendaftar pembuatan KTP.

Pendaftaran permohonan KTP transgender ini, dikoordinir oleh satu orang dari komunitas, orang yang dituakan atau ketuanya ini, mengajak anggota atau teman sesama transgender untuk membuat KTP.

Bacaan Lainnya

jelas Kepala Dukcapil Kota Banjar, Agus Nugraha

Menurut kepala Dukcapil kota Banjar, Agus Nugraha menjelaskan, ketua transgender tersebut mengkoordinir puluhan anggota dan temannya itu hingga keluar wilayah Kota Banjar seperti Ciamis, Tasikmalaya dan Garut. Dede, atau yang kerap disapa Dhea itu, mengajak sesama transgender datang ke Dukcapil untuk membuat KTP.

“Koordinator transgender ini, mengajak temannya untuk membuat KTP, proses perekaman data tetap dilakukan di kantor kami dengan yang bersangkutannya harus hadir,” ujar Agus Nugraha.

Agus menegaskan, tidak ada perbedaan KTP bagi mereka yang transgender. Status pada kolom kelamin juga tetap tercatat sesuai dengan kelamin di akte kelahiran.

“Siapa pun warga NKRI berhak mengajukan dan membuat catatan administrasi kependudukan, semua kami layani sesuai prosedur yang berlaku,” tutup Agus.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *