Puan Maharani Harap Jenderal Andika Bawa TNI Semakin Profesional

  • Whatsapp
Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa (tengah) (Antara Foto)

JAKARTA, Ceklissatu.com – Ketua DPR RI Puan Maharani mengucapkan selamat atas pelantikan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa oleh Presiden Joko Widodo. Puan berharap, Jenderal Andika dapat membawa institusi Tentara Nasional Indonesia (TNI) semakin maju dan profesional pengabdiannya untuk negara.

“Selamat atas dilantiknya Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI yang baru. Semoga bisa membawa TNI semakin profesional dan terus dekat dengan rakyat. Tegakkan kedaulatan NKRI, lindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan,” ungkap Puan dalam keteranganya, Kamis (17/11/2021).

Bacaan Lainnya

Pelantikan Jenderal Andika oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dilakukan di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (17/11/2021). Andika dilantik setelah mendapatkan persetujuan menjadi Panglima TNI dari DPR RI. Persetujuan itu disahkan dalam Rapat Paripurna ke-9 Masa Persidangan II Tahun Sidang 2021-2022 pada 8 November 2021.

Jenderal Andika menjadi Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang akan memasuki masa pensiun pada akhir November 2021. Puan pun berterima kasih atas kinerja Hadi selama memimpin TNI sejak periode pertama Presiden Jokowi. “Apresiasi yang tinggi saya ucapkan secara khusus kepada Marsekal Hadi Tjahjanto atas pengabdiannya selama memimpin TNI. Keberhasilan dan prestasi TNI selama ini tidak terlepas dari kinerja Marsekal Hadi,” ujar Puan.

Selain Panglima TNI, hari ini turut dilantik pula Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) baru yakni Letjen Dudung Abdurachman dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Mayjen Suharyanto. Letjen Dudung yang kini juga masih menjabat sebagai Pangkostrad menggantikan Jenderal Andika, sementara Mayjen Suharyanto menggantikan Letjen Ganip Warsito yang akan pensiun akhir tahun ini.

“Atas nama pimpinan DPR RI, saya juga mengucapkan selamat atas dipilihnya Letjen Dudung Abdurachman sebagai KSAD dan Mayjen Suharyanto sebagai Kepala BNPB,” sebut Puan. Kepada Letjen Dudung, Puan berharap agar TNI AD semakin solid. Puan juga meminta Letjen Dudung meningkatkan kinerja TNI AD, termasuk dalam menjaga teritori negara.

“Khususnya di wilayah-wilayah perbatasan. Kami harapkan TNI AD terus menjadi garda terdepan pertahanan untuk menjaga kedaulatan negara,” ungkap Cucu Proklamator RI Bung Karno itu.

Untuk Kepala BNPB yang baru, Puan berpesan untuk selalu siaga dalam menghadapi kebencanaan. Terutama karena BNPB merupakan koordinator Satgas Penanganan Covid-19. “Kami berharap BNPB semakin tangguh dan tak kenal lelah, yang bersama instansi lain mendapat tanggung jawab dalam penanganan pandemi,” tutur Puan.

Dengan adanya rotasi di berbagai posisi strategis, TNI diharapkan terus menjaga sinergi dengan seluruh instansi, termasuk Polri yang sudah terbangun selama ini. Puan pun berharap TNI terus membantu pemerintah dalam program-program penanganan pandemi Covid-19, termasuk pengawasan dan vaksinasi. “Jaga terus amanah, dan teruslah menempatkan negara dan rakyat di atas segala-galanya,” pungkas Puan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *