Produsen Sari Buah di Leuwisadeng Terdampak PPKM Level 4

  • Whatsapp

BOGOR, Ceklissatu.com – Buah pala memiliki banyak sekali manfaat. Selain bijinya dimanfaatkan sebagai rempah-rempah dan bumbu dapur, buahnya sendiri banyak dimanfaatkan sebagai manisan. Bahkan, buah pala juga banyak dipakai sebagai bahan utama pembuatan sirup.

Salah satu produsen sirup sari buah pala terletak di Kampung Gunung Seureuh, Desa Sadeng, Kecamatan Leuwisadeng yang saat ini hanya dipasarkan secara online di media sosial.

Bacaan Lainnya

Produsen minuman sari buah pala Ricky Adiputra mengatakan, minuman dengan bahan baku sari buah pala itu awalnya itu dikelola oleh Karang Taruna (Katar) Desa Sadeng periode 2017-2019.

“Tetapi pas anak-anak karang taruna periode itu sudah habis masa baktinya terus alat-alat nya itu di serahkan ke ketua kelompok tani Gunung Seureuh Berkah,” ungkap Mas Boy sapaam akrab Ricky Adiputra kepada wartawan pada, Kamis (05/08/2021).

Mas Boy menyampaikan, pihaknya mendapat bahan baku buah pala dari masyarakat petani sekitar Kampung Gunung Seureuh.

“Makanya kenapa alat-alat produksi nya di serahkan ke kelompok petani masyarakat itu karena memang saat di kelola oleh Karang Taruna saat itu mendapat bahan bakunya dari mereka (Petani Gunung Seureuh Berkah-red),” ujarnya.

Saat Ini, Mas Boy mengaku, bahwa pihaknya terkendala dalam memasarkan hasil olahannya itu. Saat ini hanya mengandalkan pemesanan baik melalui media sosial maupun melalui aplikasi perpesanan (WA).

“Untuk pemasaran nya kita terbentur saat PPKM, dulu itu pemasaran kita ke Jakarta, Tanggerang dan wilayah Bogor namun saat ini pemasaran hanya mengandalkan yang memesan saja, jadi kalau ada yang mesan baru kita kirim,” katanya.

Mas Boy menjelaskan, untuk harga di botol kecil ukuran 150 mili di bandrol dengan harga Rp 6 ribu, kalau ukuran botol kemasan 200 mili dengan harga 8 ribu sedangkan botol berukuran 250 mili dengan harga 10 ribu.

“Ya memang kendala yang di hadapi saat ini selain kesulitan di mendapatkan botol kemasan juga terkendala di pemasarannya,” ucapnya.

Editor : Ayatullah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *