Produk UMKM Warga Pulo Geulis Kota Bogor Jadi Sajian di Hotel Bintang Empat

  • Whatsapp
Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim

BOGOR, Ceklissatu.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor memberi kesempatan kepada para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) lokal untuk mendapatkan kesempatan yang lebih besar dalam memasarkan produknya.

Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim mengatakan, baru-baru ini Pemkot Bogor telah memfasilitasi kerjasama antara para pelaku UMKM asal Kampung Pulo Geulis dengan manajemen Hotel 101 Suryakencana dan Panorama Group.

Bacaan Lainnya

Dedie menuturkan, lewat kerjasama itu, nantinya produk UMKM seperti jajanan pasar bisa langsung dipasarkan ke hotel.

“MOU ini adalah kesepakatan pihak Hotel 1O1 Suryakencana untuk membeli jajanan pasar UMKM Pulo Geulis. Jajanan ini nantinya bisa dimanfaatkan untuk kegiatan rapat-rapat atau bimtek yang diselenggarakan di hotel,” ungkap Dedie, Kamis (25/11/2021).

Dedie mengingatkan, agar jajanan pasar UMKM yang masuk ke hotel untuk memperhatikan kehigienisannya. Selain itu, sambungnya, harus ada kontrol produksi sehingga jika terjadi permintaan yang cukup tinggi dapat dibuat secara kolektif.

Dedie juga meminta Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) Kota Bogor untuk melakukan inventarisasi alat-alat produksi milik warga atau mendata aset-aset milik hotel yang bisa dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM.

“Kalau memang itu bisa, tentu tidak hanya Hotel 1O1 yang mengkonsumsi atau membeli, tapi juga hotel lain di Kota Bogor juga gak usah mencari lagi ke Pasar Senen di Jakarta, tapi di Pulo Geulis ini juga ada produsen jajanan pasar,” ungkapnya.

Ketua UMKM Pulo Geulis, Elly memaparkan ada kurang lebih 27 jenis produk UMKM yang menjadi khas di wilayahnya.

Dari sekian produk tersebut, lanjut Elly, memiliki harga yang bervariatif mulai dari Rp 2.000 hingga Rp 35.000.

Tak hanya dipasarkan di hotel, produk jajanan di Pulo Geulis juga bisa menjadi buah tangan atau oleh – oleh bagi para wisatawan yang berkunjung di Kota Bogor. Sehingga dengan kerja sama tersebut diharapkan mampu meningkatkan produk UMKM Kota Bogor ke level yang lebih tinggi lagi.

“Sebelum di bawa ke hotel, kami juga mendapatkan pelatihan dari Hotel 1O1 terkait higienis produk dan standarisasi rasa. Saya ingin warga saya tambah maju, produknya lebih dikenal dan pendapatan juga tentunya meningkat,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *