Pramuka Banjar Dilatih GNP Pada Media Tanam Polybag

  • Whatsapp

CIAMIS,Ceklisatu.com-Gerakan Pramuka, Kwartir Ranting (Kwarran) Pamarican, melaksanakan kegiatan Pelatihan Gerakan Nanam Padi (GNP), pada Media Tanam Polybag.

Kegiatan pelatihan tersebut berlangsung di Kampus SMP Negeri 1 Pamarican, Desa Pamarican, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Munggu (31/10/21).

Bacaan Lainnya

Koordinator GNP Kwarran Pamarican, Ramdan Nursodik mengungkapkan, bahwa kegiatan Pelatihan Gerakan Nanam Padi (GNP) Pada Media Tanam Polybag ini, diikuti oleh para Pembina Pramuka, yang ada di Pangkalan Gugus Depan SD/MI, SMP/MTs, dan SMK/SMA/MA, yang ada di wilayah Kecamatan Pamarican.

“Pelatihan GNP ini diikuti oleh 66 orang Pembina Pramuka, yang berasal dari utusan Pangkalan Gugus Depan SD/MI, SMP/MTs, SMK/SMA, dan MA, di wilayah Kecamatan Pamarican,” jelas Ramdan

Ramdan menjelaskan, dengan dilaksanakannya Pelatihan Nanam Padi (GNP) Pada Media Tanam Polybag ini, para Pembina Pramuka diharapkan bisa memberikan edukasi, pemahaman, dan pelatihan kepada para Siswa – Siswi di Sekolah-Nya, bahwa menanam padi tidak selalu harus dilakukan di Sawah, di tanah darat pun bisa, salah satunya yaitu dalam media tanam Polybag.

Ramdan menambahkan, untuk jenis padi yang akan kita tanam dalam media tanam Polybag, disetiap Pangkalan Gugus Depan, yang ada di wilayah Pamarican kali ini, yaitu jenis padi MSP 3.

Terpisah, Ketua Kwarran Pamarican, Baehaki Efendi, S.Pd., menjelaskan bahwa dengan dilaksanakannya kegiatan Pelatihan GNP, pada media tanam Polybag, oleh Gerakan Pramuka Kwarran Pamarican, diharapkan bisa memberikan pengetahuan, wawasan, dan menambah pengalaman, bagi para Pembina Pramuka.

“Menanam padi dengan media tanam Polybag inj bisa dilakukan di Halaman Sekolah, Halaman Rumah, di Pinggir Jalan, Atap Gedung, dan lain-lain,”ungkapnya

Baehaki, mengatakan selain menanam Padi jenis MSP 3, pada media tanam Polybag, nantinya para Pembina Pramuka, di masing-masing Pangkalan Gugus Depan, juga akan diberikan bibit sayur-sayuran.

Baehaki, berharap dengan dilaksanakannya Gerakan Nanam Padi, dan Palawija, disetiap Pangkalan Gugus Depan Gerakan Pramuka Kwarran Pamarican, diharapkan kedepannya dapat mendukung program kedaulatan pangan, dan ketahanan pangan, bagi masyarakat,” harapnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *